Dark/Light Mode

Hilangkan Kesenjangan Pulau Jawa Dan Luar Jawa

Airlangga: IKN Gerakkan Ekonomi Di Masa Depan

Senin, 20 Juni 2022 06:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan diri untuk meninjau langsung progres persiapan pembangunan Ibu Kota Nusantara. (Sumber ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan diri untuk meninjau langsung progres persiapan pembangunan Ibu Kota Nusantara. (Sumber ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Selain itu, terdapat juga dua klaster pendukung, yaitu pen­didikan abad ke-21 serta smart city dan Pusat Industri 4.0.

“Ini salah satu strategi untuk menggeser porsi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dari barat menjadi lebih ke timur,” ujar Airlangga.

Baca juga : Kesenjangan Antara Literasi Dan Inklusi Keuangan Lemahkan Konsumen

Eks Menteri Perindustrian ini mengatakan, Ibu Kota Negara baru yang diberi nama Nusantara ini, memiliki visi sebagai kota dunia untuk semua. Yang dibangun dan dikelola dengan tujuan untuk men­jadi kota berkelanjutan di dunia.

Selain itu, IKN akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Dan menjadi simbol identitas nasional yang merepresentasikan keberagaman bangsa Indonesia, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga : Terima Kunjungan Menlu Saudi, Jokowi Bahas Haji Hingga Ekonomi

Airlangga menegaskan, pe­mindahan Ibu Kota Negara diharapkan mendorong perce­patan pengurangan kesenjangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah.

Karena itu, tak hanya koor­dinasi dan sinkronisasi antar Kementerian/Lembaga yang dibutuhkan untuk mewujud­kan ini, juga dukungan seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga : Pengamat: Koordinasi Lembaga Keuangan Jangan Kendor Hadapi Ekonomi Dunia

Namun begitu, kata dia, pem­bangunan IKN sangat membutuh­kan suplai Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Khususnya dari penduduk sekitar IKN. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.