Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

4 BUMN Keroyokan Aktifkan Jalur Kereta Sawahlunto-Muaro Kalaban

Kamis, 23 Juni 2022 18:57 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat perusahan BUMN keroyokan untuk kembali mengoperasikan jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat yang sudah tahunan tidak beroperasi.

Perusahaan BUMN tersebut yaitu, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bio Farma Sri Harsi Teteki.

Baca juga : Keselamatan Pada Jalur Kereta Api Saat Mudik Lebaran

Serta, dengan Direktur SDM, Tata Kelola dan Manajemen Risiko Pupuk Indonesia Tina T Kemala Intan, dan Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG Aulia Mulki Oemar.

Penandatanganan disaksikan oleh Sekretaris Kemeterian BUMN Susyanto, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto, dan Direktur Utama SIG Donny Arsal di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, total investasi yang digelontorkan dalam pengoperasian kereta ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 19 miliar.

Baca juga : PUPR Berupaya Selesaikan Jalan Tol Dan Nasional Untuk Mudik Lebaran

"Biaya plus pajak kurang lebih Rp 19 miliar dan masing-masing BUMN nantinya akan membantu kurang lebih Rp 6 miliar sekian," ungkapnya. 

Didiek menegaskan, KAI berkomitmen untuk memastikan pendanaan sponsorship yang diberikan akan dilaksanakan dengan accountable dan dengan Good Corporate Governance serta diselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Menurutnya, pekerjaan pengoperasian kembali jalur ini akan memakan waktu 6 bulan.

"Jika kita mulai awal Juli, harapan kami berarti akhir Desember 2022 kita bisa wujudkan. Insya Allah paling lambat Januari 2023 kita bisa melakukan sesuatu di sini dalam rangka untuk pengoperasian KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban," tuturnya.

Baca juga : Cegah Omicron, Kemenag Terbitkan Aturan Baru Tata Laksana Peribadatan

Didiek menjelaskan, karena kerja sama ini dalam bentuk sponsorship nantinya masing-masing BUMN akan mendapatkan benefit yang diberikan KAI dalam bentuk branding, niming right. ​​​​​​Baik di stasiunnya, maupun di keretanya. "Sesuai yang kita sepakati ini berlaku selama 4 tahun," terangnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.