Dark/Light Mode

54 UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN Raup Cuan di Pasar Rakyat Mojokerto

Minggu, 26 Juni 2022 13:19 WIB
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga (kedua kanan) meninjau Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di Kota Mojokerto, Sabtu (25/6). (IST)
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga (kedua kanan) meninjau Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di Kota Mojokerto, Sabtu (25/6). (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN yang dikelola PT Pertamina (Persero) memperkuat jaringan pemasaran lewat pameran yang digelar Pemerintah Daerah setelah kurang lebih dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 54 UMKM yang memiliki bidang usaha kerajinan, fashion, kuliner serta jasa sukses meraih untung dalam Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di Kota Mojokerto, Sabtu (25/6).

Pada perhelatan itu, sebagian besar atau 35 UMKM binaan Rumah BUMN Mojokerto tersebut berasal dari bisnis kuliner, 8 UMKM memiliki bisnis kerajinan, 6 UKM bergerak di bidang fashion, dan sektor jasa sebanyak 2 UMKM.

Baca juga : Bupati Bintan Minta 20 Kades Yang Baru Dilantik Jadi Pelayan Rakyat

“Kegiatan ini sangat positif bagi pelaku UMKM dan bisa menjadi vitamin penyemangat bagi pemula atau yang sudah berkembang usahanya. Kalau bisa sering-sering diadakan event seperti itu untuk pemulihan ekonomi para pelaku UMKM setelah kurang lebih dua tahun vakum karena dampak Covid-19,” tutur Siti Aminah, pemilik Ngublex Cake & Catering.

Dia mendapatkan omset Rp 750 ribu dalam sehari. Wahyu Shihabuddin, pemilik Lawuh, berjualan aneka makanan beku pada acara tersebut. Tak sampai dua jam, dagangannya sudah ludes terjual.

“Saya bersyukur sekali dengan adanya kegiatan bazar dari BUMN. Sangat membantu UMKM. Jualan sempol saya laris manis ludes tak bersisa. Alhamdulillah bisa menghasilkan omset Rp 400 ribu dengan jualan tidak sampai dua jam,” ungkapnya.

Baca juga : UMKM Binaan APP Sinar Mas Berhasil Perluas Pangsa Pasar

Para pelaku usaha mengaku senang dengan adanya bazar seperti itu karena bisa langsung menawarkan produknya kepada konsumen.

"Mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi dan bisa berkesinambungan. Tadi saya cuma bawa barang sedikit namun es podeng sama jamu kunir asem yang saya jual habis, Omset saya Rp 287 ribu,” kata Indah C, pemilik AQUU dan Indah Catering.

Indah berharap Pertamina terus membina pelaku UMKM agar bisa lebih sukses. Dia ingin mengembangkan usahanya antara lain dengan menambah peralatan.

Baca juga : Fadel Muhammad Serap Aspirasi Masyarakat Gorontalo

“Saya pingin punya freezer box buat jamu sama ayam ungkep. Kami berharap Pertamina bisa lebih giat membimbing UMKM untuk bisa lebih sukses,” tuturnya.

Pertamina memiliki komitmen kuat untuk terus mendukung para pelaku UMKM di Indonesia. Salah satu wujud kepedulian tersebut ialah lewat pembinaan UMKM di Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Melalui Rumah BUMN yang dikelola Pertamina, para pelaku UMKM akan mengikuti proses inkubasi awal. Dimana tim dari Pertamina akan mencari UMKM yang memiliki potensi, untuk selanjutnya diberikan pembekalan ataupun pelatihan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.