Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menperin Temui Pebisnis Jepang

IKM Suku Cadang Kita Bisa Bersaing Di Panggung Dunia

Selasa, 28 Juni 2022 07:35 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Humas Kemenperin)
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Humas Kemenperin)

 Sebelumnya 
“Selain itu, Kemenperin memiliki program-program pelatihan dan vokasi yang dapat membantu pelaku IKM dalam penyediaan Sumber Daya Manusia dan manajemen yang baik. Termasuk, balai-balai yang menyediakan layanan dan bantuan terkait permesinan.

Ketiga, permasalahan minimnya mentorship untuk membimbing IKM dalam produksi, manajemen, kontrol kualitas, dan proses manufaktur lainnya.

Menperin berharap, pelaku IKM dapat membangun kerja sama dengan perusahaan-perusahaan otomotif asal Jepang.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di DKI? Yuk, Datang Aja Di 5 Lokasi Ini

Terakhir, masalah keterhubungan IKM dengan sektor otomotif di negara lain.

“Persoalan ini akan dicari pemecahannya melalui forum bisnis yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan melibatkan delegasi bisnis IKM komponen otomotif yang tergabung dalam PIKKO,” ujar Agus.

Agus menambahkan, bisnis otomotif Jepang di negara-negara lain, khususnya di ASEAN, juga memberikan peluang bisnis yang lebih besar untuk kom­ponen kendaraan yang murah, namun berkualitas tinggi.

Baca juga : Mentan Pantau Langsung Kedatangan Kapal Ternak Di Pelabuhan Tanjung Priok

“Saya berharap para pelaku IKM komponen otomotif dapat menjajaki peluang untuk menjadi bagian dari supply chain autoparts mobil Jepang untuk negara-negara tersebut,” ujar Menperin Agus.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Jepang Heri Akhmadi menambahkan, forum tersebut akan mendorong peran IKM komponen otomotif Indonesia agar dapat memperlihatkan kemampuan dalam rantai pasok.

“Dengan kualitas dan daya saing yang baik, seharusnya IKM komponen otomotif nasional bisa jadi pilihan bagi industri otomotif Jepang,” ujar Heri.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di DKI? Yuk, Datang Di 5 Lokasi Ini

Terkait program ini, Ketua Umum PIKKO Rosalina Faried mengungkapkan, IKM yang mengikuti pertemuan ini telah naik kelas menjadi global supply chain, baik sebagai tier-2 maupun tier-3 industri otomotif. Hal itu buah dari mengikuti program Kemenperin mendorong peningkatan kapasitas SDM, IKM, pembangunan sentra IKM, bisnis matching dan restrukturisasi mesin/peralatan.

“IKM komponen otomotif membutuhkan pengawalan dan pen­damping terus menerus dari Pemerintah,” tegas Rosalina. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.