Dewan Pers

Dark/Light Mode

Binawan Perkuat Jaringan Melalui Kerja Sama Dengan AOTS Jepang

Kamis, 30 Juni 2022 06:25 WIB
Penandatanganan MoU antara Binawan Group dengan AOTS Jepang. (Foto: Binawan)
Penandatanganan MoU antara Binawan Group dengan AOTS Jepang. (Foto: Binawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Binawan Group melalui Yayasan Binawan menandatangani MoU bersama dengan Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS) Jepang. AOTS adalah organisasi pengembangan sumber daya manusia di negara berkembang untuk mempromosikan kerja sama teknis melalui pelatihan, pengiriman ahli, dan program lainnya.

Penandatangan MoU ini merupakan kerja sama strategis jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga profesional Indonesia, khususnya caregiver. AOTS akan memberikan dukungan dalam pelatihan bahasa dan pengenalan budaya melalui program Training of Trainer, pengembangan modul dan supervisi program untuk memastikan tenaga profesional Indonesia dapat memenuhi standar kualitas jepang.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menyampaikan, pihaknya mendukung kerja sama yang dibentuk antara Binawan Group dengan AOTS Jepang. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung penyiapan tenaga kerja Indonesia.

Berita Terkait : Menperin Tebar Insentif Ke Perusahaan Jepang

"Agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja dan berdaya saing di tingkat Internasional. Melalui kerja sama ini pula kami yakin akan memperluas peluang kerja di luar negeri bagi tenaga kerja Indonesia di Jepang, khususnya bagi yang memiliki skill dan kompetensi khusus," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/6).

Presiden AOTS Jepang Shinya Kuwayama menerangkan, sejak didirikan pada 1959, AOTS telah mengadakan program pelatihan di Jepang dan luar negeri selama bertahun-tahun dengan dana publik Jepang. Dia mengaku beruntung, dengan rujukan Konsul Jenderal Diana Emilia Sari Sutikno, diperkenalkan dengan Grup Binawan.

"Kami berharap, kerja sama antara AOTS dan Binawan Group ini dapat mendukung pengembangan tenaga profesional Indonesia yang bekerja di Jepang. Dengan melakukan itu, kami ingin berkontribusi untuk pengembangan ekonomi bersama lebih lanjut dan promosi hubungan persahabatan yang lebih dalam dan lebih langgeng antara Indonesia dan Jepang," kata Shinya Kuwayama.

Berita Terkait : Binawan Tempatkan 150 Tenaga Kesehatan Ke Arab Saudi

Pendiri Binawan Group Saleh Alwaini menyampaikan, dengan bertambahnya MoU kerja sama dengan AOTS Jepang, pihaknya mengukuhkan komitmen untuk terus mencari peluang yang lebih besar untuk tenaga kerja profesional Indonesia di luar negeri. 

"Melalui kerja sama dengan AOTS Jepang, kami akan bersinergi dalam pelaksanaan program pelatihan bahasa dan budaya Jepang kepada calon caregiver sesuai standar kualitas Jepang, melalui training of trainers, modul, dan supervisi dari AOTS," terangnya.

Selanjutnya, pada hari ini, Kamis (30/6), Binawan dan AOTS akan membuka resmi kegiatan pelatihan bahasa untuk batch pertama sejumlah 60 caregiver yang akan bertempat di fasilitas training Binawan, Binawan Training Center, Kota Bunga, Bogor. Pada kegiatan ini, AOTS akan turut meresmikan Japan Corner, yang akan berfungsi untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa dan budaya Jepang.

Berita Terkait : Gagasan DOB Jangan Sampai Singkirkan Orang Asli Papua

Acara penandatangan MoU antara Binawan dan AOTS Jepang turut dihadiri Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Founder Binawan Group Saleh Alwaini, Presiden AOTS Jepang Shinya Kuwayama dan turut pula hadir melalui daring, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka Diana Emilia Sari Sutikno.■