Dewan Pers

Dark/Light Mode

Salurkan 3.691 Hewan Kurban, Dirut BSI: Insya Allah Berkah Untuk Semua

Minggu, 10 Juli 2022 16:57 WIB
Dirut BSI Hery Gunardi (pake peci) saat penyerahan hewan kurban/Ist
Dirut BSI Hery Gunardi (pake peci) saat penyerahan hewan kurban/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS BSMU) bersama 23 lembaga zakat, menyalurkan 3.691 hewan kurban bagi masyarakat duafa ke berbagai wilayah Indonesia, melalui Program Inspirasi Kebaikan Idul Adha 1443 Hijriyah.

Direktur Utama (Dirut) BSI Hery Gunardi mengatakan, berkurban adalah ibadah tahunan yang terus harus dilakukan agar selalu belajar dan mempertajam kepekaan kita untuk peduli terhadap sesama. 

Hal ini sejalan dengan semangat BSI untuk terus meningkatkan peran aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Jiwa iklas berkorban dan peduli terhadap sesama ini penting sekali ditumbuhkan dalam setiap pribadi. Yang terpenting dapat mengambil hikmah dari simbolik ibadah kurban. Insya Allah, ini menjadi berkah untuk semua,” tutur Hery dalam rilisnya, Minggu (10/7).

Berita Terkait : Erick Happy, Himbara Aktif Salurkan 100 Sapi Kurban Di Jawa Barat Dan Banten

Idul Adha ini juga menjadi semangat BSI untuk mengajak masyarakat berbagi kebahagiaan dengan menyalurkan hewan kurban terbaik.

Saat ini, BSI telah memberikan banyak kemudahan akses pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile, BSI Hasanah Card dan channel-channel lainnya yang bekerja sama dengan lembaga LAZNAS terpercaya.  

Tercatat, jumlah penyaluran hewan kurban yang dilakukan BSI tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Yaitu dari 3.306 ekor menjadi 3.691 ekor. Terdiri dari 358 ekor sapi dan 3.333 ekor kambing.

Keseluruhan hewan kurban tersebut dihimpun melalui pembelian hewan kurban melalui e-channel BSI Mobile

Berita Terkait : Telah Dicek Kesehatan, 6.293 Hewan Di Jakpus Layak Untuk Kurban

Melalui e-channel tersebut, BSI menargetkan lebih dari 3 ribu transaksi pembelian hewan kurban. Selain itu, penghimpunan juga dilakukan melalui Kerja sama dengan LAZNAS BSMU dan mitra lainnya. 

Adapun proses kurban yang dilakukan BSI bersama LAZNAS BSMU ini mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait  penyembelihan hewan kurban di tengah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Salah satunya,  mengikuti apa yang disarankan MUI untuk menyembelih hewan ternak yang sehat. Setelah sebelumnya melakukan proses jual beli hewan kurban sesuai yang diizinkan Pemerintah Daerah setempat.

Hery menegaskan, pihaknya menerapkan green activity pada saat pemotongan hewan kurban. 

Berita Terkait : Dirut Garuda: Ini Adalah Langkah Awal Transformasi

Green activity yang dilakukan oleh perseroan mencakup penggunaan kantong besek bambu yang mudah terurai, penampungan limbah kotoran sapi dan kambing ramah lingkungan. Ini demi menjaga kualitas udara agar tidak tercemar polusi, serta peningkatan kualitas kemasan untuk daging siap olah.  

“Ini ikhtiar kegiatan yang mengedepankan prinsip ramah lingkungan, sebagai komitmen BSI dalam menerapkan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) di berbagai sektor,” jelasnya.

Selain penyaluran daging hewan kurban, Program Inspirasi Kebaikan Idul Adha ini juga mencakup literasi pentingnya berkurban dan berhaji sejak dini. 

BSI terus mendorong pemahaman masyarakat melalui serangkaian program kurban bersama BSI Hasanah Card, pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile, serta program berhaji melalui BSI Tabungan Haji Indonesia.■