Dark/Light Mode

HUT Ke-35, Wismatata Eltrajaya Berbagi Ilmu Trafo

Rabu, 13 Juli 2022 07:40 WIB
Chief Executive Officer (CEO) Wisma Group yang juga Direktur Utama PT Wismatata Eltrajaya Ir. Tjahjadi Aquasa (kiri) dan General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) Erwin Ansori saat membuka Seminar dan Mini Exhibition Pemeliharaan dan Perbaikan Trafo (Transformer), Selasa (12/7/2022) di Cikarang, Bekasi. [Foto: Wismatata Eltrajaya]
Chief Executive Officer (CEO) Wisma Group yang juga Direktur Utama PT Wismatata Eltrajaya Ir. Tjahjadi Aquasa (kiri) dan General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) Erwin Ansori saat membuka Seminar dan Mini Exhibition Pemeliharaan dan Perbaikan Trafo (Transformer), Selasa (12/7/2022) di Cikarang, Bekasi. [Foto: Wismatata Eltrajaya]

 Sebelumnya 
Sementara Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharto menjadi pembicara kunci (keynote speech). Wiluyo mengapresiasi inisiatif Wismatata Eltrajaya sebagai perusahaan jasa pemeliharaan trafo yang telah menyelenggarakan seminar teknik. Menurutnya, seminar ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan sekaligus memberikan perspektif baru bagi para insan trafo.

Dia menjelaskan, transformator (transformer) menjadi bagian penting dalam sistem ketenagalistrikan, yaitu sistem distribusi tenaga listrik dari hulu (pembangkitan) sampai hilir (pengguna) baik rumah tangga, gedung perkantoran, pabrik, dan pengguna lainnya.

Baca juga : Pos Kesehatan Arafah Beroperasi

“Seminar ini bermanfaat bagi para insan trafo serta berkontribusi terhadap keandalan sistem ketenagalistrikan di Indonesia. Kami mewakili PT PLN (Persero) juga mengucapkan HUT Ke-35 PT Wismatata Eltrajaya. Semoga di usianya yang ke-35 ini bisa terus berkontribusi dan berkolaborasi dengan PLN untuk terus memperkuat keandalan listrik nasional,” tutur Wiluyo.

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, panjang jaringan transmisi per Desember 2020 mencapai 61.234 kms yang dominan berkapasitas/tegangan 150 kV. Sementara kapasitas trafo gardu induk (GI) per Desember 2020 mencapai 150.008 MVA yang didominasi oleh trafo bertegangan 150/70/20 kV dan tegangan 500/275/150 kV.

Baca juga : HUT Bhayangkara Ke-76, Polda Metro Jaya Gelar Kejuaraan Tinju Nasional

Demikian juga dengan unit trafo GI meningkat hampir 100% dari 1.217 unit pada tahun 2011 menjadi 2.121 unit pada kuartal III/2020, yang didominasi oleh trafo 150/70/20 kV sebanyak 1.822 unit.

Dalam RUPTL 2021-2030, pertumbuhan listrik diproyeksikan 4,9%, dengan penambahan kapasitas pembangkit 40.575 megawatt (MW), transmisi 47.723 kms, dan Gardu Induk 76.662 MVA. Total rencana pembangunan GI periode 2021-2030 sebesar 76.662 MVA, sedangkan total rencanapembangunan gardu distribusi sebesar 31.095 MVA.

Baca juga : Pengamat Ingatkan Bahaya Partai Ojek Bagi Demokrasi

Adapun para pembicara dalam Seminar ini adalah: Ir Sumaryadi MT IPU (mantan General Manager PLN UIT Jawa bagian Tengah); Didik Susilo Widianto (Leader of Excellence (COE) – GE Transformer Expert); Ir William Ondang (Direktur Utama PT Pancasoft); Ismu Prabowo (Senior Product Engineering/Sales Engineer PT Guna Elektro); Irena Tjahjadi (Direktur PT Wisma Niagatama Perkasa).

Sedangkan beberapa peserta mini exhibition antara lain PT Puretech, PT Pancasoft, PT Guna Elektro, Sergi Transformer Protector, dan Repsol Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.