Dark/Light Mode

Dukung BI, Shopee Bantu UMKM Tembus Pasar Global

Jumat, 12 Juli 2019 21:48 WIB
Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo (kiri). (Foto: Ist)
Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Shopee Indonesia mendukung langkah Bank Indonesia (BI) yang mendorong UMKM tembus pasar global. 

“Sebagai e-commerce yang beroperasi di Asia Tenggara, Shopee memberikan kesempatan untuk mendorong UMKM Indonesia melakukan ekspor ke beberapa negara di kawasan melalui inisiatif Kreasi Nusantara,” ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja di Jakarta, Jumat (12/7).

Menurut dia, program ini sejalan dengan tema Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, Go Export dan Go Digital. Laman Kreasi Nusantara khusus didedikasikan untuk memberikan produk lokal dan UMKM. Saat ini, laman itu telah menampung 25.000 produk lokal setiap minggunya dengan peningkatan transaksi hingga 8 kali lipat sejak pertama kali diluncurkan. 

Baca juga : Mantap, 91 UMKM Binaan BI Tembus Pasar Dunia

Dalam acara KKI 2019, Shopee juga menggelar kampanye belanja untuk memberikan sorotan khusus bagi top produk UMKM binaan Bank Indonesia di Shopee melalui Kreasi Nusantara. Top produk yang dimaksud meliputi berbagai kategori favorit di Shopee, seperti fesyen, kudapan, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya. Kampanye Kreasi Nusantara untuk KKI berlangsung dari tanggal 9-16 Juli 2019, di mana pengguna dapat menikmati cashback hingga Rp 100.000. 

“Melalui berbagai rangkaian acara di KKI 2019, Shopee sebagai salah satu e-commerce  yang berpartisipasi berharap dapat memberikan dukungan nyata dan solusi bagi para UMKM yang hadir, dan dapat sama-sama menciptakan pertumbuhan ekonomi digital dan terus beradaptasi dengan tren global saat ini,” ujarnya.

Sebelumnya, BI terus mendorong inovasi pemasaran UMKM binaannya agar menembus pasar dunia secara online. Bank sentral juga mengenalkan platform digital untuk transaksi pembayaran.

Baca juga : Di Gunung Sindur, Novanto Taubatan Nasuha

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hingga saat ini terdapat 898 UMKM binaan dan mitra BI. Nah, dari total itu, 91 UMKM telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun dalam satu tahun terakhir.

“Lebih dari 355 UMKM telah memanfaatkan platform digital dalam pemasarannya serta 173 UMKM telah mendapatkan pembiayaan perbankan,” ujar Perry dalam sambutan membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di  JCC Jakarta, Jumat (12/7).

Pameran diresmikan oleh Presiden Jokowi. Hadir Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Hadir juga Ibu Iriana dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Anggota Dewan Gubernu BI, serta para tokoh pemerhati UMKM dan kerajinan Indonesia.

Baca juga : Dicuekin Pemda DKI, Peresmian Rusunawa Pasar Rumput Terancam Molor

KKI 2019 menonjolkan keunggulan karya anak bangsa dari berbagai penjuru nusantara, khususnya di bidang fesyen, kerajinan dan kuliner. Acara ini diikuti oleh 370 UMKM, terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 88 kerajinan, dan 154 jenis produk kuliner olahan termasuk kopi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.