Dark/Light Mode

Pemberdayaan SDM Diperlukan Agar UMKM Dorong Ekonomi Daerah

Jumat, 15 Juli 2022 05:53 WIB
Ilustrasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (IST)
Ilustrasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (IST)

 Sebelumnya 
Dia menambahkan banyak aspek apa yang harus diperhatikan apabila UMKM akan menggunakan medsos untuk pengembangan bisnisnya.

Di antaranya adalah siapa target marketnya, apa tujuan pemanfaatan medsos, dan lain-lain.

Baca juga : Bagikan NIB, Jokowi: Agar UMKM Gampang Dapat Kredit Dan Bantuan Pemerintah

“Penentuan target market perlu dipetakan karakteristiknya, sedangkan dari sisi tujuan pemanfaatan pengguna medsos harus dapat menentukan apakah hanya sampai awareness terhadap produk yang dijual atau sampai purchase atau membeli barang tersebut. Setelah semuanya itu clear baru kemudian ditentukan media sosial apa yang paling tepat,” ungkapnya.

Banyak platform media sosial yang dapat digunakan UMKM dalam pengembangan bisnisnya, seperti Tiktok, Instagram dan lain-lain.

Baca juga : Waketum Golkar Dorong KAHMI Sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa

“Menurut saya untuk memilih media sosial mana yang cocok untuk pengembangan bisnis UKM ini tentu kompleks, bukan hanya dari sisi pengomunikasian atau promosi produk, namun dari produknya itu sendiri, place-nya atau saluran distribusi, price, dan lain-lain,” ungkapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.