Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemberdayaan SDM Diperlukan Agar UMKM Dorong Ekonomi Daerah

Jumat, 15 Juli 2022 05:53 WIB
Ilustrasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (IST)
Ilustrasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah merasakan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menopang kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas (BBI) luar biasa. Karena dari kreativitas UMKM, banyak konsumen sekarang beralih menggunakan produk lokal.

Untuk itu, pemberdayaan, terutama aspek sumber daya manusia (SDM), harus terus didorong oleh berbagai pihak sehingga UMKM dapat menopang pertumbuhan ekonomi daerah.

“Apalagi setelah pandemi mulai mereda, UMKM di Kalsel terlihat tumbuh kembali dan menopang ekonomi daerah,“ ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, Rabu (13/7).

Menurut Gusti, perusahaan nasional yang beroperasi di Kalsel, terutama BUMN, banyak membantu pemberdayaan UMKM.

Baca juga : Bagikan NIB, Jokowi: Agar UMKM Gampang Dapat Kredit Dan Bantuan Pemerintah

Dia meminta Pertamina, sebagai salah satu BUMN, meningkatkan pembinaan terhadap UMKM agar siap bersaing di era digital.

“Sedangkan Pemerintah Pusat dan daerah berperan sangat aktif untuk menggunakan produk buatan lokal dengan membuat e-katalog. Setiap Pemerintah Daerah baik Kab. Kota maupun Provinsi dituntut untuk membeli dari APBD sebesar 40 persen dan terus dimonitor dari kementerian yang membidangi,“ jelasnya.

Selain itu, kata Gusti, Pertamina dalam rangka mendukung Gernas BBI diharapkan menyediakan kios khusus untuk penjualan produk lokal di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Makanan dan minumal produk lokal, misalnya, dapat dijual di sana,“ tuturnya.

Baca juga : Waketum Golkar Dorong KAHMI Sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa

Gernas BBI telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM lokal.

Pertamina, sejalan dengan Program Kemitraan yang dilakukannya, berpartisipasi dalam publikasi dan promosi pasca dan selama Gernas BBI berlangsung.

UMKM yang terpilih mengikuti kegiatan Gernas BBI akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk dan jasanya dalam Pertamina SMEXPO.

Selain itu, akan ada GBBI Corner di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang khusus bertema GBBI dengan produk antara lain berasal Mitra Binaan dari Kalimantan Selatan.

Baca juga : Hajatan Jakarta Kudu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Pertamina akan menyediakan booth UMKM saat pelaksanaan Gernas BBI. Hingga 2021, Pertamina telah memiliki 355 UMKM naik kelas go digital.

Ira Mirawati, Ketua Program Studi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad, yang juga pegiat media sosial mengungkapkan apabila di kelola dengan baik dan menggunakan strategi yang tepat, promosi UMKM melalui media sosial bisa efektif.

Pasalnya, kata dia, media sosial saat ini adalah media yang diakses semua kalangan.

“Untuk kalangan Gen Z dan gen milenial, akses sosial meda sehari rata-rata di atas tiga jam,“ katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.