Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Investasi Dan Serap Ribuan Tenaga Kerja

Airlangga Dorong KEK Lido Dikebut

Jumat, 1 Juli 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK, pada Kamis (30/06), memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido, di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK. (Sumber ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK, pada Kamis (30/06), memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido, di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK. (Sumber ekon.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mendorong pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah.

Investasi dari berbagai pe­rusahaan yang beroperasi di­harapkan terus meningkat, agar semakin mendukung kemajuan pembangunan KEK tersebut.

Salah satu KEK yang sedang digarap dan kini dalam tahap pem­bangunan, yakni KEK Lido yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartar­to selaku Ketua Dewan Nasional KEK, memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido, di Kantor Sekretariat Jenderal De­wan Nasional KEK, kemarin.

Baca juga : Menko Airlangga Sabet Penghargaan The News Maker

“Kami membahas progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80 persen,” kata Airlangga dalam keterangannya, kemarin.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, saat ini akses jalan dan infrastruktur KEK Lido juga hampir lengkap. Ditargetkan se­bagian fasilitas dapat beroperasi akhir tahun 2022.

Keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat me­menuhi target investasi lima tahun senilai 1,8 miliar dolar AS atau Rp 26,64 triliun.

Airlangga menjelaskan, pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp 2,07 triliun atau 7,77 persen dari total nilai investasi.

Baca juga : Menko Airlangga Dorong UMKM Go International

KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang. Saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

“Penyerapan tenaga kerja terutama di theme park dan sarana hospitality lainnya. Ke­mudian sedang dibangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif yang banyak menghasilkan produk kreatif,” jelas Airlangga.

Saat ini, di areal KEK Lido juga sedang dibangun bebera­pa proyek besar, seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movie­land, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya.

Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centre ditarget­kan selesai akhir 2022.

Baca juga : Pengawas Tenaga Kerja Jangan Lemah Dan Lesu

Apabila sudah terbangun 100 persen, keseluruhan proyek ini memiliki nilai realisasi investasi sebesar Rp 7,2 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.