Dark/Light Mode

Blusukan Ke Pasar Di Balikpapan

Zulhas Dicurhati Emak-Emak Yang Ogah Pake Migor Curah

Kamis, 21 Juli 2022 06:20 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (kiri) berdialog dengan salah satu pedagang cabe di Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Usai bertanya harga terkini, Mendag membeli barang dagangan si penjual, dan membagikannya ke pengunjung pasar.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (kiri) berdialog dengan salah satu pedagang cabe di Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Usai bertanya harga terkini, Mendag membeli barang dagangan si penjual, dan membagikannya ke pengunjung pasar.

 Sebelumnya 
Harga beras di Balikpapan juga fluktuatif. Beras medium naik dari Rp 11.400 per kg menjadi Rp 11.600 per kg. Se­dangkan beras premium stabil di angka Rp 13.500 per kg. Harga gula pasir juga stagnan di angka Rp 15 ribu per kg, begitu juga tepung terigu Rp 13 ribu per kg.

Selanjutnya, migor curah. Semula Rp 20 ribu per liter, kini turun sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Minyak curah di sini ada yang Rp 14 ribu per liter,” tutur mantan Ketua MPR itu.

Baca juga : Pertemuan Bilateral Dengan 3 Negara Di Bali, Ini Isu Strategis Yang Dibahas Sri Mulyani

Hanya saja, ada persoalan baru. Kata Zulhas, mayoritas emak-emak di Balikpapan takut menggunakan migor curah. Sehingga, rata-rata pedagang hanya menjual migor kemasan sederhana dan premium.

Untuk persoalan ini, Zulhas menginstruksikan khusus ke­pada Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra, untuk mensosialisasikan man­faat migor curah.

“Tolong Pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri dijelaskan ke masyarakat, minyak curah itu vitaminnya masih tinggi, sehat, bagus, sangat aman dan layak untuk dikonsumsi,” pintanya.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar, Bank DKI Ajak Pedagang Manfaatkan KUR

Persoalan lainnya, migor curah program Kemendag belum beredar di pasar-pasar di Balikpapan.

“Minyakita segera, lagi diproduksi, dicetak, nanti akan segera masuk di Balikpapan. Kepala Dinas tolong segera komunikasi sama Dirjen, agar Minyakita sam­pai di sini segera,” ucap Zulhas.

Usai meninjau pasar, rombongan bertolak ke PT Kutai Rafinery Nusantara di Balikpapan Barat. Di sana, mereka berdialog dengan stakeholders. Topik pembi­caraannya masih seputar migor.

Baca juga : Sidak ke Donggala, Zulhas Senang Migor Curah Sesuai HET

Zulhas berjanji bakal fokus mengurus perbaikan harga ko­moditas di tingkat petani. Salah satunya, harga yang berkaitan dengan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO). Agar para petani mendapatkan keuntungan yang memadai dan lebih sejahtera. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.