Dewan Pers

Dark/Light Mode

Blusukan Tiga Hari Di Tanah Air

Selamat Datang Presiden Frank-Walter Steinmeier

Rabu, 15 Juni 2022 10:45 WIB
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. (Foto Ist)
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, 15-17 Juni 2022. Selama tiga hari ia akan blusukan di Jakarta hingga kawasan tengah pulau Jawa.

Tahun ini, Indonesia memegang kepemimpinan G20, perkumpulan 20 perekonomian terbesar di dunia. Pada saat bersamaan, Jerman dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2022 ini.

Di ibukota Indonesia, Jakarta, Presiden Steinmeier akan disambut Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan untuk perbincangan politik.

Berita Terkait : Buka Festival Kopi Tanah Air, Puan Pengen Indonesia Juara Dunia

Presiden Jerman juga akan bergabung dalam pertemuan dengan para pakar untuk membahas berbagai topik. Mulai dari upaya Indonesia di bidang lingkungan hidup, iklim, dan energi.

Dalam kunjungannya ke Deutsche Schule Jakarta (Sekolah Jerman Jakarta), Presiden Steinmeier akan berbincang dengan pelajar sejumlah sekolah yang tergabung dalam inisiatif PASCH ("Sekolah: Mitra menuju Masa Depan") serta komunitas bisnis Indonesia dan Jerman di Pusat Industri 4.0 Indonesia.

Presiden Steinmeier juga akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk upacara peletakan rangkaian bunga di sana.

Berita Terkait : Kongres KNPI Ditonton Banyak Warga

Dari Jakarta, mantan Menteri Luar Negeri Jerman akan mengeksplorasi warisan kebudayaan Indonesia di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Presiden akan mengawali kunjungan ke Kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, untuk melihat hasil proses restorasi yang telah didukung Jerman," demikian pernyataan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Rabu (15/6).

Presiden juga akan berinteraksi dengan akademisi Universitas Gadjah Mada dan pelaku seni modern di Indonesia melalui pengenalan proyek seni kolektif "Monumen Antroposen" di Museum Nasional Yogja.

Berita Terkait : Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste

Selain itu, beliau akan bertemu dan berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sri Sultan Yogyakarta Hamengkubawono X.

Sebelum ke Indonesia, Presiden Steinmeier berkunjung ke Singapura, 13-15 Juni 2022. 

Steinmeier menjabat sebagai Presiden Jerman pada 19 Maret 2017. Ia menggantikan Joachim Gauck yang tidak mau meneruskan periode kedua jabatannya.***