Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkontribusi Besar Dalam Pembangunan Daerah Di Berbagai Sektor, PKT Diapresiasi DPD

Kamis, 21 Juli 2022 11:25 WIB
Foto: Dok. PKT
Foto: Dok. PKT

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sekaligus Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Marthin Billa, mengapresiasi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) atas kontribusi dan perannya dalam mendukung pembangunan daerah di berbagai sektor.

Di samping kontribusi utamanya mendorong kemajuan pertanian Indonesia melalui penyediaan pupuk yang memadai.

Selain itu, PKT juga mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul di Kota Bontang dan Kalimantan Timur (Kaltim), melalui program pembinaan maupun beasiswa bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu.

"Termasuk, perhatian pada masyarakat adat khususnya warga dayak di Bontang dan Kalimantan Timur (Kaltim). Sehingga, keberadaan PKT memberi dampak signifikan bagi masyarakat dan daerah," ujarnya, melalui keterangannya, Kamis (21/7).

Baca juga : Jazuli Juwaini: PKS Terbuka Bagi Seluruh Rakyat Papua

Ia berharap, komitmen ini terus ditingkatkan ke depannya agar pengembangan kapasitas SDM unggul dan berdaya saing semakin terwujud. Sehingga, putra daerah mampu mengambil peran dalam pembangunan secara nyata.

"Warga dayak di Kota Bontang dan Kalimantan Timur akan terus mendukung, melalui sinergi aktif demi kemajuan daerah dan masyarakat secara umum," ujarnya.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kaltim Zainal Arifin mengaku, PKT secara serius memfasilitasi usaha kecil kerajinan dayak, melalui program pembinaan dan pendampingan hingga berdampak terhadap kesejahteraan.

Begitu juga di bidang pendidikan, di mana banyak generasi muda dayak difasilitasi beasiswa oleh PKT.

Baca juga : Dorong Sistem Penanganan PMK Diperbaiki, Puan: Perlu Tes Deteksi Dini Untuk Hewan

Ia berharap, peluang kerja sama maupun pemberdayaan di lingkungan perusahaan dapat turut diakomodasi PKT dengan memberikan kesempatan serupa bagi warga Dayak.

"Silakan dilihat kapasitas dan kemampuannya, jika memenuhi kualifikasi kami harap bisa diberdayakan. Bagi kami, sebuah kebanggaan bisa berkontribusi dalam mendukung dan memajukan aset negara seperti PKT ini," ungkapnya.

Sementara itu, Senior Vice President (SVP) Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono, menyambut positif dukungan masyarakat adat dayak karena menjadi semangat serta motivasi PKT untuk terus maju dan berkembang. Sehingga, pihaknya mampu memberi manfaat yang jauh lebih besar terhadap pembangunan di Kota Bontang dan Kalimantan Timur.

Terkait program pendidikan dan pengembangan kapasitas SDM lokal, sambung dia, telah menjadi komitmen PKT sebagai agen pembangunan agar daya saing generasi muda di Kota Bontang maupun Kaltim mampu menjawab tantangan ke depan.

Baca juga : Bertemu Bekas Napi Yang Jadi Pelaku UMKM Di Banjarmasin, Sandiaga Beri Hadiah Mesin Jahit

Tak hanya di bidang industri, tapi juga sektor potensial lain yang dapat dijadikan peluang dalam mencapai kemandirian.

"Kami sangat fokus membina masyarakat, baik di bidang pendidikan melalui beasiswa maupun pembinaan usaha kecil dan sektor lainnya secara optimal. Tidak ada yang kami bedakan, karena manfaat keberadaan PKT harus dirasakan secara merata oleh masyarakat, termasuk bagi warga dayak,"ujarnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.