Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cek di Sini! 9 Tips Aman dan Nyaman Bepergian Jauh Pakai Mobil Listrik

Jumat, 22 Juli 2022 16:00 WIB
Cek di Sini! 9 Tips Aman dan Nyaman Bepergian Jauh Pakai Mobil Listrik

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi pengguna mobil listrik yang ingin bepergian jarak jauh kini tak perlu khawatir. Sebab PT PLN (Persero) telah menyediakan infrastruktur penunjang untuk kendaraan listrik seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk memenuhi kebutuhan para pengguna.

Manfaat dari kehadiran SPKLU pun langsung dirasakan para pengendara touring menggunakan mobil listrik Jakarta-Bali.

"Selama perjalanan kami melihat SPKLU sudah tersebar di sejumlah titik rest area. Jadi para pengguna kendaraan listrik tak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh," tutur Ketua Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi), Arwani Hidayat saat singgah di Semarang pada Kamis, (21/7/2022).

Pria yang turut mempelopori lahirnya komunitas mobil listrik pertama di Indonesia ini pun berbagi tips agar aman dan nyaman berkendara jauh dengan mobil listrik.

Berita Terkait : KTT G20 Jadi Momentum Pengembangan Mobil Listrik

Dia menyebut, pertama, pastikan kondisi fisik pengendara dan rombongan sehat dan telah beristirahat dengan cukup.

Kedua, cek kondisi kendaraan dan perangkat pendukungnya ke bengkel resmi. Ketiga, siapkan rute dan manajemen perjalanan.

Keempat, pengguna mesti menghitung ketersediaan kapasitas baterai dengan jarak tempuh. Hal ini penting untuk menentukan lokasi pengisian daya.

Kelima, memastikan akses internet agar tetap tersedia dan aplikasi pengisian daya berjalan normal. Serta, dipastikan juga e-wallet memiliki saldo cukup untuk membayar pengisian daya.

Berita Terkait : Cak Imin Berani Langkahi Para Pendiri Koalisi

Keenam, ponsel yang dibawa pun perlu dipastikan memiliki cadangan daya yang memadai sepanjang perjalanan. Ini penting untuk pengecekan rutin tempat pengisian daya via aplikasi.

Ponsel juga perlu menyimpan call center Agen Tunggal Pemegang Merek dari mobil listrik beserta nomor penting lainnya yang akan sangat berguna dalam keadaan darurat.

Ketujuh, bawa emergency tools termasuk ban serep, dongkrak, segitiga emergency, cairan penambal ban, obat-obatan, dan kartu tol dengan saldo yang cukup.

Kedelapan, untuk ketersediaan makanan dan minuman, disarankan agar sudah sejak awal dipersiapkan dengan tempat yang disediakan khusus.

Berita Terkait : SDM Jadi Kunci Pengembangan Mobil Listrik

Terakhir, yang tak kalah penting bagi pengguna mobil listrik agar selalu menjaga kondisi prima selama perjalanan.

“Istirahat jika capek atau ngantuk di tempat yang sudah ditentukan,” jelasnya.

General Manager UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, M Irwansyah Putra mendukung penuh kegiatan touring ini.

"Kami sangat bangga dengan dilaksanakannya touring ini. Dengan dilaksanakannya uji coba jarak tempuh, akan diketahui kebutuhan-kebutuhan SPKLU sepanjang jalan dari Jakarta hingga ke Bali," ungkapnya.
 Selanjutnya