Dark/Light Mode

Pertemuan W20 Di Tepi Danau Toba, Momentum Pamer Kawasan Wisata dan UMKM

Minggu, 24 Juli 2022 20:03 WIB
Ilustrasi. Hamparan Danau Toba memberikan sensasi keindahan alam dari Parapat View Hotel. (Foto: Sanggam Hutapea for JPNN.com).
Ilustrasi. Hamparan Danau Toba memberikan sensasi keindahan alam dari Parapat View Hotel. (Foto: Sanggam Hutapea for JPNN.com).

RM.id  Rakyat Merdeka - Parapat Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut) menjadi pilihan lokasi penyelenggaraan salah satu agenda pertemuan Summit Women 20 (W20) Presidensi Indonesia. Kegiatan berlangsung pada 19 hingga 21 Juli 2022, di Hotel Niagara dan The Kaldera, lokasinya berada persis di tepi Danau Toba.

Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi menyebut alasan dipilihnya Danau Toba sebagai lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi W20 untuk mempromosikan kawasan pariwisata tersebut kepada dunia.

"Apalagi, Danau Toba telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas (DSP) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," tutur Hadriani Uli Silalahi dikutip dari Antara, (24/7/2022).

Baca juga : Puan: HAN 2022 Momentum Tingkatkan Kesejahteraan Anak

Penetapan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas adalah hal yang dinilai wajar mengingat keindahan alam Danau Toba yang terbentang di tujuh kabupaten yakni Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir merupakan potensi besar sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Keindahan alam Danau Toba seringkali menjadi ikon pariwisata Indonesia mengingat destinasi wisata ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara serta danau vulkanik terbesar dunia.

Selain memiliki panorama alam yang luar biasa indah, adat istiadat dan budaya masyarakat di sekitar Danau Toba juga dinilai sangat eksotis. Tak heran jika kawasan Danau Toba dipilih menjadi lokasi untuk kegiatan W20 Summit.

Baca juga : Kementan Fokus Subsidi NPK Dan Urea, Pengamat Paparkan Dasar Pemupukan

Perhelatan W20 Summit yang digelar di kawasan Danau Toba mendatangkan para delegasi dari sejumlah dunia.

Peserta pertemuan sebanyak 56 dari India, Australia, Indonesia, Uni Eropa, Rusia, Italia, Singapura, Jepang, Francis, Korea Selatan, Turki, Afrika Selatan, Argentina, Jerman, USA, Swedia.

W20 adalah engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan. Isu yang diangkat antara lain adalah kesetaraan gender di ruang publik, kesehatan, pemberdayaan ekonomi perempuan, serta pertahanan terhadap perempuan disabilitas dan perempuan pedesaan.

Baca juga : Gus Halim Dukung Pemanfaatan Tanah Kas Desa Untuk Desa Wisata

Di bawah koordinasi W20, Indonesia dalam forum G20 membawa isu penting mengenai peran perempuan, khususnya di masa krisis pandemi Covid-19, ekonomi dan perubahan iklim. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.