Dark/Light Mode

Semester l-2022, Laba Bank Danamon Meroket 70 Persen

Jumat, 29 Juli 2022 15:24 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Pertumbuhan kredit Danamon ditopang segmen enterprises banking yang naik 18 persen (yoy) atau 10 persen dibanding kuartal terakhir, dengan total loan sekarang menjadi Rp 67 triliun.

Selain itu, pembiayaan baru Adira Finance sepanjang tahun 2022 menunjukkan pertumbuhan yang sehat mencapai 21 persen dibandingkan pertengahan tahun 2021.

Dari sisi kualitas, rasio kredit bermasalah atau NPL Gross pada posisi 2,8 persen pada pertengahan tahun 2022, membaik 20 basis points (bps) dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan NPL Coverage Ratio yang cukup tinggi yaitu 203 persen.

Baca juga : Semester I-2022, Pegadaian Kantongi Laba Rp 1,77 T

Sementara, permodalan Danamon masih sangat kuat dengan KPMM konsolidasi sekitar 26 persen. Selain dari faktor kredit, kata Muljono, perolehan laba didukung beberapa hal.

Yaitu, kemampuan bank untuk mengelola NIM yang baik melalui disiplin biaya dana. NIM perseroan naik 40 bps menjadi 7,9 persen, sedangkan biaya kredit (cost of credit/CoC) turun 210 bps menjadi 2,3 persen. 

Ke depan, kata Muljono, pihaknya optimistis penyaluran kredit perusahaan dapat lebih baik, terlepas dari tantangan terkait stok barang di produsen otomotif. Namun, hal ini tidak menyusutkan kinerja Adira Finance yang masih mampu tumbuh positif.

Baca juga : Semester I 2022, Pelanggan Kereta Api Naik 42 Persen

Wakil Direktur Utama Bank Danamon Hafid Hadeli menambahkan, pertumbuhan positif juga dicatatkan lini kredit pemilikan rumah (KPR).

Menurutnya, inisiatif perusahaan fokus untuk banyak bermain di pasar primer dengan menggandeng para pengembang besar dinilai berhasil, termasuk dengan strategi menghadirkan suku bunga kompetitif.

"Pertumbuhan KPR kita lumayan bagus sampai di Juni 2022 ini, kita tumbuh lebih dari dua kali dibandingkan dengan tahun lalu. Jadi, penyaluran kredit itu mencapai Rp 1,4 triliun dibandingkan tahun lalu," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.