Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Horison Ultima Kertajati Siap All Out Layani Jemaah Umrah

Jumat, 29 Juli 2022 15:54 WIB
Hotel Horison. (IST)
Hotel Horison. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memberikan sinyal Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat bakal dijadikan pemberangkatan rombongan umrah dan jemaah haji.

Saat ini, BIJB hanya dimanfaatkan untuk penerbangan kargo dan tempat pemeliharaan pesawat. Jika pemanfaatan BIJB makin ditingkatkan, akan membawa dampak ekonomi cukup besar bagi daerah sekitar, termasuk bisnis perhotelan.

Memanfaatkan momentum tersebut, PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui lini bisnis pengelolaan perhotelan, menyiapkan hotel Horison Ultima Kertajati untuk menampung calon jemaah umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Baca juga : Indonesia Dan Malaysia Komitmen Perbaiki Layanan Jemaah Haji

"Saat ini, kami baru mengoperasikan sekitar 100 unit kamar. Saat nanti penerbangan umrah dibuka, melalui embarkasi BIJB, kami akan buka full 124 kamar alias 100 persen," kata Direktur PT Metropolitan Land Tbk (Metland) Olivia Surodjo di sela acara Media Gathering Metland, di Majalengka, Jawa Barat, Kamis (28/7).

Diterangkan Olivia, penerbangan umrah menjadi salah satu aktivitas kebandaraan yang diproyeksikan berkontribusi besar terhadap tingkat okupansi hotel Horison Ultima Kertajati.

Selain itu, layanan kargo udara juga turut mendongkrak tingkat okupansi hotel menjadi sekitar 50 persen, dari sebelumnya pada saat Pandemi Covid-19 hanya sekitar 10-15 persen.

Baca juga : Hari Ke-49 Ibadah Haji, Ada 67 Jemaah Wafat

Menurut Olivia, perseroan akan membuka peluang untuk menambah kapasitas kamar sebanyak 75 unit-80 unit jika BIJB resmi beroperasi secara komersial dengan target 1,7 juta penumpang pada tahun perdana.

Dengan demikian, jumlah total kamar Horison Ultima Kertajati akan menjadi 200 unit.

"Kamar-kamar baru ini akan dibangun di atas struktur eksisting yang memang dirancang untuk ekstensi bangunan tambahan," lanjut Olivia.

Baca juga : Menag Minta Petugas Siaga Sambut Jemaah Haji Usai Nafar Awal

Pengembangan hotel Horison Ultima Kertajati kedepannya juga masih cukup potensial. Pasalnya, perseroan masih memiliki lahan seluas 200 hektar, yang akan sangat mendukung pembangunan ekstensi hotel kedepannya.

Untuk diketahui, hotel Horison Ultima Kertajati yang berlokasi di Jalan Kadipaten Jatibarang, Majalengka ini menjadi satu-satunya hotel bintang empat di ring satu Bandara Kertajati.

Jarak dari hotel ke Bandara tidak sampai 3 kilometer. Hotel Horison Ultima Kertajati dibangun di atas lahan 10.890 meter persegi. Hotel ini terdiri dari 8 lantai dan 1 lantai basement. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.