Dark/Light Mode

Top! Elnusa Sukses Pertahankan Sertifikasi SMAP ISO 37001

Sabtu, 30 Juli 2022 05:56 WIB
Top! Elnusa Sukses Pertahankan Sertifikasi SMAP ISO 37001

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk (Elnusa) kembali melakukan Audit Surveillance Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016 oleh Badan Sertifikasi SGS Indonesia di Graha Elnusa.

Proses audit sertifikasi yang berlangsung selama 3 hari ini (25-27 Juli) bertujuan untuk memastikan konsistensi dan keseriusan Elnusa dalam penerapan SMAP, sehingga sertifikasi yang telah diraih pada 2020 lalu dapat dipertahankan di tahun ini.

Baca juga : Tok! MK Tolak Permohonan Legalisasi Ganja Medis

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Ratih Esti Prihatini menerangkan, Audit Surveillance SMAP melibatkan beberapa fungsi yang erat kaitannya dengan implementasi SMAP, seperti tim Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan, Etika dan GCG (FUKAPEG) serta Whistleblowing System (WBS), Fungsi Corporate Secretary sebagai penanggung jawab dalam pengelolaan kegiatan dan kehumasan, Fungsi Human Capital sebagai penanggung jawab proses recruitment pekerja.

Dan Fungsi Enterprise Risk Manajemen sebagai penanggung jawab pengelolaan risk register anti penyuapan.

Baca juga : Hore! Kendaraan Dinas Pemerintah Dan Militer Akan Dialihkan ke Listrik, Bagaimana Mobil RI 1?

"Selain itu, juga dilibatkan Fungsi Quality Management sebagai penanggung jawab proses kegiatan audit internal maupun eksternal," terang Ratih dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (29/7).

Dilanjutkan Ratih, melalui kegiatan Audit ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan budaya anti penyuapan, serta pemantauan implementasi SMAP di Elnusa secara berkelanjutan.

Baca juga : Mantap! BNPT Pertahankan Capaian Opini WTP Ke-9

Implementasi SMAP di Elnusa, lanjut dia, telah berjalan cukup efektif melalui program Integrated Internal Campaign peningkatan awareness.

Di antaranya publikasi E-Flyer Internal Communications, Sharing Session, Self-Learning Assessment SMAP, sosialisasi Code of Conduct (CoC), EPS E-Library, pelaporan penyuapan melalui WBS, pelaksanaan audit internal SMAP serta penandatanganan Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen Pekerja terhadap anti penyuapan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.