Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hore! Kendaraan Dinas Pemerintah Dan Militer Akan Dialihkan ke Listrik, Bagaimana Mobil RI 1?

Jumat, 15 Juli 2022 15:26 WIB
Kepala Staf Kepresidenan. (Foto: M Ade Al Kautsar/Rakyat Merdeka(
Kepala Staf Kepresidenan. (Foto: M Ade Al Kautsar/Rakyat Merdeka(

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan bocoran bahwa pemerintah akan mengalihkan kendaraan administrasi pegawai dan pejabat pemerintah dari berbahan bakat fosil menjadi listrik.

Transisi kendaraan konvensional yang berbahan bakar fosil ini, kata Moeldoko berlaku untuk kendaraan dinas roda empat hingga kendaraan roda dua. Tidak cuma di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) tapi juga kendaraan militer TNI dan Polri.

"Semua kendaraan administrasi akan dialihkan secara berkala ke listrik," kata Moeldoko di sela-sela seminar On Scaling Up Green Finance in Indonesia di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7).

Baca juga : Kendaraan Dinas Pemerintah Mau Dialihkan Ke Listrik, Bagaimana Nasib Mobil RI 1 & 2?

"Pemerintah sudah membuat roadmap bagaimana penggunaan mobil listrik itu di lingkungan government baik bus maupun roda empat, baik pegawai maupun pejabat," sambungnya.

Namun, Moeldoko yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Industri Mobil Listrik Indonesia (Perikrindo) mengakui bahwa realisasi mobil listrik masih terkendala masih minimnya stasiun pengisian listrik.

Ia berharap, sektor swasta mulai mengambil peran di sektor green economy ini. Selain itu, dukungan dari dunia perbankan juga kata Moeldoko masih minim. "Pemerintah terus mendesak pengisian stasiun pengisian listrik," tuturnya.

Baca juga : Pengusaha Minta Pemerintah Sesuaikan Tarif Penyeberangan

Ia menjanjikan, pemerintah terus menyederhanakan regulasi untuk kepastian dunia usaha. Salah satunya sudah digodok lewat omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK).

Apakah mobil presiden dan wakil presiden juga akan diganti jadi mobil listrik? Moeldoko menggeleng. Menurutnya, mobil RI 1 dan RI 2 harus mempertimbangkan tingkat keamanan dan teknologi tinggi.

"Khusus untuk mobil presiden dan wakil presiden, belum ada yang anti peluru. Ini teknologi tinggi," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.