Dark/Light Mode

eKuliner Awards 2022, Upaya Paxel Dan Kemenparekraf Pompa Semangat Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 30 Juli 2022 16:53 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat imbas pandemi adalah mendukung geliat pelaku usaha kecil khususnya yang berskala mikro atau UMKM.

Pelaku UMKM didorong untuk kreatif. Salah satu upaya memompa semangat pelaku UMKM untuk berlomba kreatif adalah diadakannya eKuliner Awards 2021 oleh Paxel.

Co-founder Paxel Zaldy memandang, di tengah tahun 2022 UMKM sudah makin bergeliat dan tumbuh positif. Hal ini diharapkan dapat mendorong program Indonesia Spice Up The World yang digaungkan pemerintah.

Baca juga : Polri Tetapkan 4 Tersangka Dugaan Penyelewengan Dana ACT

"Kami mencatat dalam ekosistem Paxel sendiri setidaknya ada kenaikan jumlah pelaku usaha kuliner sebesar 30 persen sejak 2021," kata Zaldy, dikutip Sabtu (30/7).

Angka ini juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja dari sisi UMKM Kuliner sebesar 6 juta pekerja. Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah yang mendorong UMKM go digital, guna meraih omzet yang semakin berlipat,” tuturnya. 

Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan minat UMKM kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia.

Baca juga : Semester I 2022, Pelanggan Kereta Api Naik 42 Persen

Zaldy menyebutkan, kenaikan omzet UMKM kuliner lewat penjualan online menjadi bukti bahwa pelaku bisnis kuliner saat ini sudah mulai sadar pentingnya melek digital.

Paxel membeberkan, permintaan produk kuliner banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, yang kemudian dikirimkan dari daerah. Sehingga ekonomi di daerah sangat terbantu. Dari data Paxel, adanya kenaikan omzet para pemenang eKuliner 2021 senilai 56 persen.

"Ini menjelaskan secara tidak langsung bahwa UMKM kuliner di daerah sudah mampu bersaing melalui platform online," tambahnya.

Baca juga : Aplikasikan Teori Kuliah, FTUP Kerja Sama Dengan Pelaku Industri

Sejak 2018 hingga saat ini, Paxel telah memiliki lebih dari 2 juta UMKM Kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kategori makanan beku, makanan segar dan makanan tahan lama, yang didorong melalui layanan sameday delivery dan platform JajanBedaKota, PaxelMarket.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.