Dark/Light Mode

eKuliner Awards 2022, Upaya Paxel Dan Kemenparekraf Pompa Semangat Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 30 Juli 2022 16:53 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ia menegaskan, penghargaan bergengsi eKuliner Awards 2022 bagi UMKM kuliner turut didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM kuliner selama periode 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022, terdapat 18 UMKM kuliner online dari 10 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dari kota Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar.

Kategori yang diluncurkan adalah kuliner makanan beku dari kota besar utama, kuliner makanan segar dari kota besar utama, dan kuliner makanan tahan lama dari kota besar utama.

Baca juga : Polri Tetapkan 4 Tersangka Dugaan Penyelewengan Dana ACT

Kemudian, kuliner makanan beku dari kota besar lainnya, kuliner makanan segar dari kota besar lainnya, serta kuliner makanan tahan lama dari kota besar lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, UMKM kuliner merupakan peluang usaha yang lebih mudah dan cepat mengembangkan usahanya.

Untuk itu, UMKM kuliner perlu didukung agar kembali memberikan kontribusi, seperti tahun 2020 telah menyumbang 41 persen terhadap PDB ekonomi kreatif.

Baca juga : Semester I 2022, Pelanggan Kereta Api Naik 42 Persen

"Selama pandemi, usaha kuliner terbukti dapat bertahan bahkan bisa berkembang, mampu menggerakkan perekonomian bahkan menyerap tenaga kerja paling banyak," tuturnya.

Sandi berharap, acara ini akan melahirkan para juara produk UMKM kreatif dan kuliner yang bisa go internasional. Sehingga, dapat menjadi lokomotif pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi.

"Ujungnya adalah pemberdayaan masyarakat dan UMKM, yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya demi kebangkitan ekonomi nasional." tuturnya.

Baca juga : Aplikasikan Teori Kuliah, FTUP Kerja Sama Dengan Pelaku Industri

Mereka yang terpilih dalam UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan eKuliner Awards 2022, antara lain Spencer Almond Milk-Kuliner makanan beku dari Surabaya, dan Pempek Natasya-Kuliner makanan beku dari Jakarta.

Kemudian, Roti Sisir Jogja-Kuliner makanan tahan lama dari Yogyakarta dan Pia Agung-Kuliner makanan tahan lama dari Denpasar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.