Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PPPOMN BPOM Sharing Wilayah Bebas Korupsi Ke 3 UPT

Rabu, 3 Agustus 2022 16:20 WIB
Kepala PPPOMN, Mohamad Kashuri. (Foto: Ist)
Kepala PPPOMN, Mohamad Kashuri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional-Badan POM (PPPOMN-Badan POM) aktif mendorong perubahan dan keberhasilan pembangunan zona integritas kepala unit kerja lainnya.

Pada tanggal 20 Juli 2022, PPPOMN melaksanakan Sharing Pengalaman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada 3 UPT di lingkungan Badan POM yang belum meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yaitu Balai POM di Mamuju, Balai POM Sofifi dan Balai POM di Tarakan.

“Komitmen untuk menciptakan pemerintahan kelas dunia melalui mengimplementasikan keseluruhan aspek reformasi Birokasi perlu ditingkatkan,” jelas Kepala PPPOMN, Mohamad Kashuri, dalam arahan yang diberikan saat pembukaan kegiatan.

Baca juga : PPPOMN BPOM Sharing Wilayah Bebas Korupsi Ke Kemenpora

PPPOMN sebagai laboratorium tingkat pusat dan salah satu unit layanan publik di Badan POM, selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan memotivasi unit kerja lain yang belum mendapatkan kesempatan meraih predikat WBK. PPPOMN, dalam hal ini telah berhasil meraih predikat Zona Integritas WBK pada tahun 2020 dan berupaya untuk meraih predikat Zona Integritas WBBM.

Salah satu yang dapat diadopsi oleh ketiga Unit kerja yaitu komitmen PPPOMN untuk terus mempertahankan Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (Menuju WBK) dan meraih unit kerja dengan predikat Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (Menuju WBBM). Hal ini dbuktikan melalui kenaikan indeks RB tahun 2021 yaitu 86,58 dibandingkan indeks RB tahun 2020 yaitu 83,06.

Hal lain yang dapat diadaptasi antara lain inovasi-inovasi yang telah dikembangakan dan diimplementasikan PPPOMN. Sebagai contoh: Regionalisasi Laboratorium, Indonesian FDA Laboratory Services (Infalabs), Sikumbang ABG, Sistem Informasi Metode Analisa (SIMA), Pengujian Spesimen Covid-19, e-COVID, Metode deteksi cepat Obat, QR Code Baku Pembanding, Percepatan Layanan Lot Release Vaksin COVID-19 serta terobosan terobosan lain yang telah dibuktikan kemanfaatannya oleh stakeholder PPPOMN.

Baca juga : Pogba Sumringah Kembali Ke Pelukan Nyonya Tua

Reformasi Birokrasi merupakan upaya strategis untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efisien sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Ketiga Balai tersebut diharapkan mendapatkan lesson learnt yang dapat diadaptasi/diadopsi dari pengalaman PPPOMN dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, terwujudnya pelayanan prima yang berkualitas serta meningkatkan tekad segenap personel dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi.

PPPOMN telah menerapkan layanan masyarakat berbasis digital untuk menghadapi tantangan revolusi industry 4.0. Layanan berbasis digital ini merupakan transformasi layanan yang sebelumnya bersifat konvensional. Aplikasi INFALABS (Indonesian FDA Laboratory Services) merupakan inovasi yang menjadi keunggulan PPPOMN. 

Seluruh layanan PPPOMN tersedia di aplikasi INFALABS dan dapat mudah diakses dimanapun berada dan kapan saja, cepat, transparan dan akuntabel melalui tautan https://infalabs.pom.go.id. INFALABS terbuka untuk umum dan memiliki pelanggan dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, instansi pemerintah, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta industri obat dan makanan.

Baca juga : Saatnya Hentikan Korupsi Di Daerah

Standar dan tarif layanan yang diberikan juga bersifat transparan serta terintegrasi langsung dengan SIMPONI (Sistem Informasi PNBP Online) dari Kementerian Keuangan sehingga bersifat adil dan mencegah adanya gratifikasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.