Dark/Light Mode

Gandeng RS Selaras Dan Smile Train, Sido Muncul Kembali Gelar Operasi Sumbing Bibir Di Tangerang

Sabtu, 6 Agustus 2022 19:54 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kanan) dan Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati saat pelaksaan operasi bibir sumbing di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8). (Foto: Istimewa)
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kanan) dan Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati saat pelaksaan operasi bibir sumbing di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur PT Bintara Arnirah Saraswati selaku pemilik RS Selaras menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sido Muncul atas kepercayaan kepada pihaknya.

“Terima kasih atas kepercayaan Sido Muncul, bukan pertama kali, karena sering baksos katarak,” ujar Saraswati.

Baca juga : Gandeng Adaro, Menteri Siti Bangun Pusat Persemaian Di Kalsel

Sementara itu, Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati menerangkan, operasi terhadap 10 anak. Namun, total yang akan dioperasi 40 orang.

“Ini adalah salah satu bentuk sosial luar biasa karena tidak hanya membantu tapi memberikan mereka masa depan yang lebih baik,” ujar Deasy.

Baca juga : Gandeng United Creative, KVibes. ID Kembali Gelar Birukan Langit Indonesia Festival 2022

Bibir sumbing merupakan cacat bawaan lahir yang terjadi pada bagian bibir dan langit-langit. Celah tersebut bisa terdapat di tengah, kanan, atau kiri bibir.

Selain di bibir atas, sumbing juga bisa terjadi pada langit-langit mulut. Banyak faktor penyebab kasus ini yaitu kekurangan gizi pada tiga bulan pertama kehamilan dimana organ tubuh mulai terbentuk, kekurangan salah satu unsur mineral (Zn) yang terkandung dalam air yang diminum oleh ibu calon bayi, faktor keturunan, perkawinan keluarga dekat, dan lainnya.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Di Jatim

Para penderita bibir sumbing kerap menghadapi sejumlah kendala dalam menjalani kehidupan. Adapun kendala yang harus mereka hadapi mulai dari sulit mengonsumsi makanan, berbicara hingga pergaulan di tengah masyarakat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.