Dark/Light Mode

Pupuk Indonesia Sukses Dorong Petani Nanas Naik Kelas

Senin, 8 Agustus 2022 12:09 WIB
Foto: Dok Pupuk Indonesia
Foto: Dok Pupuk Indonesia

 Sebelumnya 
Selain itu, para Petani juga dapat memperluas akses pasar baru setelah mendapat pendampingan dari PKC. Yakni, produk nanas mereka bisa menembus supermarket, pabrik olahan nanas, pasar online, dan ikut berbagai pameran dengan pemerintah.

"Program CSR yang dijalankan Pupuk Kujang Cikampek ini, mencatatkan nilai investasi mencapai Rp 229 juta dan telah menghasilkan nilai perubahan sebesar Rp 1,82 miliar," bebernya.

Baca juga : Persib Vs Borneo FC, Maung Bandung Pantang Tertekan

Lebih lanjut dikatakannya, program ini juga memberikan dampak bagi lingkungan karena telah memanfaatkan lahan kritis menjadi lahan budidaya nanas yang produktif.

"Limbah yang dimanfaatkan, diolah menjadi produk bernilai tambah. Ini terlihat, setelah didampingi Pupuk Kujang, petani bisa mengolah 100 kilogram (kg) limbah buah setiap panen menjadi pupuk yang dimanfaatkan kembali pada proses budidaya nanas," ujarnya. 

Baca juga : 69.944 Jemaah Haji Indonesia Sudah Di Tanah Air

Begitu juga, limbah berupa daun sebanyak dua ton per panen dimanfaatkan menjadi kain dan berbagai produk kerajinan. Tak hanya itu, limbah kulit nanas juga dimanfaatkan menjadi pakan konsentrat untuk peternakan limbah kulit udang, diolah mencapai dua ton setiap panen.

Ia menambahkan, dampak positif program Kampung Nanasku ini didapat dari hasil penilaian yang dilakukan para ahli, salah satunya dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga : Persis Ngarep Bangkit Lawan Persikabo

Melalui metode Social Return of Investment (SRoI), kata dia, kajian para ahli tersebut menunjukkan hasil bahwa Kampung Nanasku mendapat nilai 6,094.

Selain itu, kajian ini juga mengukur Indeks Kepuasan Manusia para pihak yang terlibat dalam program tersebut. "Sementara hasil kajian untuk program Kampung Nanasku, mendapatkan nilai baik dari masyarakat penerima program dengan nilai indeks 3,25," pungkas Wijaya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.