Dewan Pers

Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Lawan Persib, Pesut Etam Tanpa Kiper Utama

Kamis, 4 Agustus 2022 17:01 WIB
Kiper Angga Saputro. (Foto : Borneo)
Kiper Angga Saputro. (Foto : Borneo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar buruk menimpa skuad Borneo FC jelang lawan Persib Badung pada lanjutan ketiga Liga 1 musim 2022/2023, Minggu (7/8) sore WIB. Kiper utamanya, Anggo Saputro dipastikan absen.

Cederanya Angga Saputro sudah pasti sangat merugikan Borneo FC. Sebab kiper asal Sidoarjo ini selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar Pesut Etam.

Angga pun dipastikan absen dalam beberapa pertandingan ke depan, karena cedera di bagian dagunya disebut cukup parah setelah bertabrakan dengan pemain depan Barito Putera.

Hal ini diakui asisten pelatih, Miftahudin Mukson. Menurut Miftah, secara psikis memang absennya Angga berpengaruh besar pada kekuatan tim.

“Kalau dibilang berpengaruh, saya pastikan pasti iya. Tetapi tim ini dipersiapkan dengan komposisi lengkap di semua pos. Artinya pemain pengganti pun punya kualitas,” ujar Miftah.

Berita Terkait : Lawan Dewa United, Mario Jardel Siap Perkuat Persita

Selain Angga, gelandang senior Borneo FC, Sultan Samma juga dikabarkan harus menjalani perawatan beberapa hari ke depan, setelah mengalami cedera engkel di bagian belakang kaki kirinya. 

Gelandang peraih medali perunggu bagi Kaltim pada PON 2008 tersebut, mengalami cedera saat menjalani latihan pasca laga kontra Barito Putera di pekan kedua Liga 1.

Saat ini Sutan tengah menjalani perawatan agar cederanya cepat pulih.

Phisioterapi Borneo FC, Wildan saat dikonfirmasi mengatakan, cedera yang dialami Sultan bisa dibilang parah. Sebab gelandang Pesut Etam tersebut merasa sakit jika menginjakkan kakinya.

“Saat ini kami sudah melakukan tindakan MRI untuk mengetahui pastinya tentang cedera Sultan. Saat ini sedang inflamasi dan belum bisa menumpu untuk kaki yang cedera,” jelas Wildan.

Berita Terkait : Resmi, PSIS Semarang Ikat Titus Bonai

Wildan berharap hasil MRI tak ditemukan masalah besar pada cedera Sultan. Sebab meski bukan pilihan utama dalam tim, Sultan menjadi salah satu solusi jika tim buntu dalam melakukan penyerang saat bertanding.

Di awal musim ini, Sultan sendiri belum mendapatkan menit bermain. Saat Borneo FC menang di pekan pertama lawan Arema FC, Sultan hanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP), namun tidak dimainkan sama sekali. Di Piala Presiden lalu, Sultan pun hanya sesekali dipercaya turun untuk memperkuat lini tengah.

Sementara itu asisten pelatih, Miftahudin Mukson mengaku, kehilangan Sultan dalam beberapa pertandingan jelas sangat merugikan. Sebab Sultan bisa berperan di beberapa posisi.

“Sekarang kami berharap Bustos benar-benar pulih agar kami dari tim pelatih bisa memaksimalkan pemain yang ada,” tegasnya.

Lanjut Miftah, Borneo FC akan tampil habis-habisan di kandang sendiri melawan Persib, meski tanpa kiper utama.

Berita Terkait : Malam Ini, Skuad Bali United Waspada Strategi RD

“Melawan Persib kami main di kandang sendiri. Kami akan bermain maksimal sejak menit awal sampai akhir untuk mengejar kemenangan,” tegas Miftah.

Soal absennya Leo Guntara di bek kiri, Miftah mengatakan hal tersebut tak akan mengubah karakter tim. Irsan Lestaluhu yang diturunkan saat lawan Barito Putera, disebut sudah bermain bagus. 

“Tanpa Leo dalam 2 laga tidak akan membuat katrakter tim ini berubah. Bahkan akan semakin membuat sektor kiri tim semakin kuat dari evaluasi pertandingan terakhir lawan Barito Putera. 

Miftah sendiri mengakui calon lawan di pekan ini sangat berat. Ia tak mau melihat hasil dua pertandingan Maung Bandung, karena setiap pertandingan akan berbeda situasinya.

“Semua tahu sejarah dan prestasi Persib. Tapi dalam sepak bola tim yang paling siap di lapangan akan memenangkan pertandingan,” tegasnya.