Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UMKM Binaan PPUMI Terima Sertifikat Halal Self Declare BPJPH

Kamis, 11 Agustus 2022 19:41 WIB
Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani di acara Opening  Ceremony The 1st Internasional Conference on Womem dan Sharia Community Empowerment di JCC. Jakarta, Kamis (11/8). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani di acara Opening Ceremony The 1st Internasional Conference on Womem dan Sharia Community Empowerment di JCC. Jakarta, Kamis (11/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan UMKM (PPUMI) Munifah Syanwani menerima penyerahan simbolik sertifikat halal self declare perdana dari BPJPH untuk disampaikan kepada para UMKM binaan PPUMI dalam acara Opening Ceremony The 1st International Conference on Women dan Sharia Community Empowerment di JCC, Kamis (11/8).

Acara yang merupakan kerjasama PPUMI, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan KemenkopUMKM ini adalah bagian dari program kerja PPUMI Sejuta Sertifikat Halal untuk UMKM.

Sebelumnya para UMKM binaan sebanyak 1500 UMKM ini telah mengikuti rangkaian pelatihan dan sosialisasi yang diselenggarakan PPUMI sejak Mei 2022.

Baca juga : UMKM Binaan IKPP Serang Berdayakan Perempuan Desa Tegal Maja

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan, selama ini UMKM Perempuan sebagai bagian dari perekonomian yang sangat giat dalam menentukan penciptaan kesempatan kerja dan juga giat dalam penciptaan pemerataan.

Senada dengan Menteri Keuangan, dalam sambutannya Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional sebelum dan setelah terdampak Pandemi Covid-19 justru ditopang oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk di dalamnya adalah UMKM Perempuan.

"Jumlah pelaku usaha perempuan terbilang cukup besar, yaitu sekitar 64.45 persen dari total UMKM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan sangat berjasa dalam menopang ekonomi bangsa," lanjut Munifah.

Baca juga : JK: PMI Harus Siap Hadapi Bencana Besar

Selanjutnya dalam acara tersebut juga dilakukan Pencanangan Gerakan Komunitas UMKM Perempuan Indonesia dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional serta Soft Launching PPUMI Finance dan PPUMI Mart oleh Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Deputi Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Kementerian UMKM.

Pemberdayaan perempuan menjadi strategi penting dalam meningkatkan peran perempuan dalam meningkatkan potensi diri agar lebih mampu mandiri dan berkarya.

"Kehadiran PPUMI Finance dan PPUMI Mart adalah bagian dari upaya pendampingan yang dilakukan PPUMI kepada para UMKM Perempuan binaan agar dapat berkembang dan maju secara optimal," jelas Munifah Syanwani.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.