Dewan Pers

Dark/Light Mode

Komisi VIII Dukung Program 10 Juta Sertifikat Halal UMK Kemenag

Kamis, 31 Maret 2022 22:02 WIB
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. (Foto: Istimewa)
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mendukung peluncuran program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal pada Tahun 2022 dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag tahun 2022 bertema Akselerasi Transformasi Layanan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal.

Adapun launching oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ditandai dengan Kick Off Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) untuk tahun 2022.

Berita Terkait : Ace Hasan Cek Layanan Kesehatan Haji Di Madinah

"Ini saya kira adalah hari yang bersejarah. Karenanya, tidak ada alasan bagi Komisi VIII untuk tidak mendukung 100 persen program dari BPJPH ini," kata Yandri dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (31/3).   

"Komisi VIII yakin, dengan apa yang dilakukan Kementerian Agama, khusus BPJPH ini, mimpi kita atau target kita untuk menjadi nomor satu (sebagai produsen produk halal) di dunia akan menjadi kenyataan di masa mendatang," lanjut politisi PAN itu.

Berita Terkait : Rachmat Gobel: Milenial Penggerak Ekonomi Halal

Untuk itu, Yandri mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan. Menurut Yandri, untuk mencapai target 10 juta produk halal UMK, diperlukan kerja sama antar semua lini, baik DPR, Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, Ormas Islam, dan lainnya.

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia, umat muslim di Indonesia, dan semua pihak yang terlibat langsung di BPJPH, ayo bersatu padu, bersama-sama, bergandengan tangan," tegasnya.  

Berita Terkait : Gus Muhaimin Yakin Indonesia Mandiri Protein dan Karbohidrat

Legislator Dapil Banten II tersebut mengakui bahwa anggaran di BPJPH masih kecil, hanya sekitar Rp 114 miliar. Karena itu, Komisi VIII siap memberikan dukungan penuh. Apalagi, program ini membawa manfaat luas, tak hanya bagi pelaku UMKM, namun juga masyarakat umum. [FAQ]