Dark/Light Mode

Pedagang Harus Cepat Naik Kelas

Erick Minta Digitalisasi Transaksi Di Pasar Tradisional Terus Digenjot

Minggu, 14 Agustus 2022 16:28 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir, saat berdialog dengan para pedagang di Pasar Caringin Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8).  (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir, saat berdialog dengan para pedagang di Pasar Caringin Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, program percepatan digitalisasi transaksi di pasar tradisional yang dilakukan Bank Mandiri, akan membawa banyak manfaat bagi pedagang dan perbankan, dalam mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

"Saya apresiasi program Bank Mandiri yang menginisiasi Livin’ Pasar di Pasar Caringin. Sebelumnya, di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang. Sehingga, saya terus mendorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional," ujar Erick Thohir, saat berkunjung di Pasar Induk Caringin, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Erick meyakini, digitalisasi pasar yang mensinergikan pemerintah pusat, daerah dan regulator akan memberi dampak positif, berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan. Sehingga, jumlah pedagang dan pelaku UMKM yang naik kelas, akan semakin banyak.

Baca juga : Kapolri: 25 Polisi Tak Profesional Tangani TKP Dalam Kasus Brigadir J

Dalam kunjungan yang didampingi Bank Mandiri Regional CEO Kanwil Jawa 1 Bandung Wisnu Trihanggodo, dan Bank Mandiri Regional Transaction Costumer Head Jawa I Briyan Nugroho, Erick menyempatkan berdialog dengan beberapa pedagang pasar induk swasta terbesar di Bandung itu.

Antara lain dengan Rizal, anak muda berusia 27 tahun yang meneruskan usaha orang tuanya berjualan buah-buahan. Selain itu, juga ada Muhammad, pedagang jengkol dalam partai besar. Serta Saedah, yang menjual sayuran secara grosir.

Mereka mewakili 1.530 pedagang di Pasar Caringin, yang sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Livin Usaha Bank Mandiri untuk bertransaksi.

Baca juga : Alsintan Dorong Transformasi Perkebunan Tradisional Menuju Modern

"Tadi saya ngobrol dengan mereka. Meski baru, mereka merasakan transaksi cashless ini membantu berjualan secara grosir," ujar Erick.

Mantan Presiden Inter Milan itu menambahkan, semakin banyak pedagang merasakan manfaat dan kemudahan bertransaksi secara non tunai, tingkat inklusi keuangan kita juga akan makin meningkat.

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyaksikan penandatangan MOU antara Bank Mandiri dengan Badan Pengelola Pusat Perdagangan Caringin (BP3C), untuk penerapan transaksi digital di pasar tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.