Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penting Untuk Tekan Inflasi

Erick Dukung Langkah Kemenhub Kendalikan Harga Tiket Pesawat

Jumat, 19 Agustus 2022 15:33 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, terkait upaya pemerintah menstabilkan harga tiket pesawat.

Erick mengatakan, harga tiket pesawat merupakan salah satu komponen penting dalam pengendalian inflasi.

"Kemarin, saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan. Karena memiliki dampak yang penting bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick di Jakarta, Jumat (19/8).

BUMN pun segera bergerak cepat untuk menyiapkan formula dalam menstabilkan harga tiket pesawat. Erick menyampaikan, BUMN tak hanya bertugas sebagai motor penggerak perekonomian bangsa. Tetapi juga menjadi penyeimbang, tatkala harga pasar mengalami gejolak.

Baca juga : Jokowi Tidak Ingin Harga Tiket Pesawat Kerek Inflasi

Hal ini, telah dibuktikan BUMN, saat melakukan intervensi harga masker, hingga operasi pasar untuk kebutuhan pangan.

"Kali ini, kita harus hadir menjadi penyeimbang pasar dalam menjaga inflasi. Serta membantu masyarakat, mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau," tutur mantan Presiden Inter Milan.

Erick mengaku telah meminta PT Garuda Indonesia (Persero), untuk melakukan sejumlah langkah seperti penambahan frekuensi penerbangan, guna memenuhi peningkatan permintaan pengguna jasa pesawat.

Hal tersebut dapat berdampak pada penurunan harga tiket pesawat.

Baca juga : Ini Jurus BKS Stabilkan Harga Tiket Pesawat

Melambungnya harga tiket pesawat, mestinya menjadi momentum bagi Garuda, untuk kembali meraih kepercayaan masyarakat.

Erick menilai, intervensi harga tiket pesawat menjadi bukti bahwa transformasi dan restrukturisasi Garuda sudah berada di jalur yang tepat.

"Ini saatnya bagi Garuda untuk hadir dan menjawab kepercayaan dan dukungan masyarakat, yang kini tengah membutuhkan harga tiket pesawat yang terjangkau," ungkapnya.

Selain itu, Erick juga mendukung penuh langkah Kemenhub dalam mengendalikan harga tiket pesawat. Menurutnya, upaya Kemenhub melibatkan para pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dalam membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi, dan insentif lainnya, sudah tepat.

Baca juga : APJII Imbau Operator Telekomunikasi Dukung Pemerintah Sediakan Internet Di Kawasan 3T

Pasalnya, persoalan harga tiket pesawat memerlukan sinergitas banyak pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, hingga swasta.

"Dengan kolaborasi menyeluruh, kita optimistis dapat segera menstabilkan harga tiket pesawat. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi aktivitas dan juga perekonomian masyarakat kita, yang sangat membutuhkan moda transportasi udara," tandas Erick. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.