Dark/Light Mode

Di Acara B20-G20 Dialogue

Airlangga Waspadai Korupsi Saat Krisis

Sabtu, 20 Agustus 2022 06:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech dalam acara B20-G20 Dialogue: Integrity and Compliance Task Force, Kamis (18/08). (Sumber ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech dalam acara B20-G20 Dialogue: Integrity and Compliance Task Force, Kamis (18/08). (Sumber ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Pemerintah juga terus berupaya menciptakan respons pandemi yang transparan, efektif dan adil dalam jangka panjang melalui berbagai kebijakan.

Airlangga mengatakan, mela­lui Digital Economy Working Group (DEWG) G20 Indonesia, Pemerintah juga mendorong negara-negara anggota G20 mengadopsi prinsip-prinsip bersama arus data lintas negara. Termasuk arus bebas data secara terpercaya, terdiri dari lawful­ness, fairness, transparency, dan reciprocity.

Baca juga : Moeldoko Ajak Guru Agama Waspadai Wabah Intoleransi dan Radikalisme

Arus bebas data secara terper­caya tersebut juga menjadi salah satu wujud dari transformasi struktural untuk menciptakan ta­tanan global seimbang, inklusif, dan mulitilateral.

“Melalui Presidensi G20 In­donesia, Anti Corruption Working Group (ACWG) juga akan fokus membahas peningkatan transparansi dan akuntabilitas, baik untuk sektor publik maupun swasta,” kata Airlangga.

Baca juga : Dihantam Wakil Korsel, Gregoria Gagal Ke Final

Sejalan dengan Paris Agree­ment, lanjut dia, Indonesia juga akan meningkatkan transparansi berbagai upaya dalam menangani dampak perubahan iklim, sebagai bentuk komitmen untuk mengadvokasi ekonomi hijau dan mencapai Agenda Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030.

Karenanya, pertemuan B20- G20 ini sangat penting. Karena di tengah ketidakpastian global, B20 mengangkat isu compli­ance yang sangat diperlukan. Terutama untuk menjaga keber­lanjutan bisnis.

Baca juga : Dialog B20-G20 Indonesia Fokus Percepat Inklusi dan Transformasi Digital

“Target climate change juga harus didorong. Karena salah satu agenda yang ditarget­kan Indonesia adalah energy transition yang adil dan af­fordable. Sedangkan dalam digitalisasi, yakni transfer data yang bisa dipercaya,” tutup Airlangga. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.