Dark/Light Mode

Bubble Burst Bukan Hantu

Prospek Pasar Digital RI Masih Kinclong Lho

Sabtu, 20 Agustus 2022 07:30 WIB
Ilustrasi startup. (Foto: NET).
Ilustrasi startup. (Foto: NET).

 Sebelumnya 
Kominfo juga meyakini, dengan dibangunnya infrastruktur akan memperluas market yang bisa dijangkau startup. Bahkan, startup asal luar negeri juga mulai masuk ke Indonesia karena potensi pasarnya masih tinggi.

“Makanya, penting bagi startup Indonesia untuk bisa bersaing dengan startup luar negeri yang masuk ke sini” katanya.

Baca juga : Jokowi: Inflasi Kita Masih Didukung Oleh Antengnya Harga BBM

Saat ini infrastruktur digital yang telah dibangun Kominfo seperti 550 BTS (Base Transceiver Station) di seluruh Indonesia, 459 ribu kilometer (km) palapa ring atau fiber optic. Serta, untuk maksimalkan konektivitas digital, pihaknya memiliki lima satelit telekomunikasi nasional. Dan ada tambahan empat satelit yang akan disewa.

Pihaknya kini sedang melakukan pengadaan Satelit Indonesia Raya (Satria-1) berkapasitas 150 Gbps (gigabyte per second), yang rencananya beroperasi di kuartal III tahun 2023. Disusul Satria dua di tahun 2024, dan Satria 3 di 2030.

Baca juga : Kerek Produksi, Pertamina Digitalisasi Blok Rokan

“Tujuannya untuk pemerataan internet di seluruh Indonesia, sehingga otomatis market juga bertambah,” tutup Sonny.

Managing Partner Impactto, Italo Gani menilai, kehadiran startup di Indonesia tahun 2000 berbeda dengan startup yang hadir saat ini. Saat ini startup memberikan impact bagi ekonomi.

Baca juga : Cek Harga Sembako, Zul Blusukan Ke Pasar Kasih Kupang

“Di era inilah tercipta produk-produk nasional, seperti Tokopedia, Gojek, Ruangguru, Halodoc, Sociola. Ini tipe-tipe produk nasional yang perlu dibangun dan dikembangkan,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.