Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU
RM.id Rakyat Merdeka - Kehadiran inisiatif Hyperlocal membuat Fashion dan Kecantikan menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022).
Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli, membuat UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
"Tokopedia telah menyediakan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha di Indonesia untuk menciptakan peluang lewat teknologi,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam perayaan HUT Tokopedia ke 13 Tahun di Jakarta.
Baca juga : Menteri Yaqut Tegaskan Komitmen Terhadap Penegakan HAM
Sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022, wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Fashion. Yakni Kab. Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen dan Sabu Raijua, rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.
Sementara wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Fashion: Kab. Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen dan Sabu Raijua. Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Kecantikan: Kab. Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam dan Biak Numfor, rata-rata peningkatan 4 kali lipat.
Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Kecantikan, Kabupaten Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo dan Tanah Datar. "Tokopedia pun mencatat Kabupaten Semarang dan Lampung Barat menjadi beberapa daerah dengan peningkatan jumlah perempuan pelaku UMKM paling tinggi," ungkap Ekhel.
Baca juga : Erick: Bangun Ekonomi Kerakyatan, BUMN Harus Berpihak Pada UMKM
Di kategori fashion, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk paling laris. Di kategori Kecantikan, pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk paling populer.
“Jadi, pelaku UMKM fashion dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” kata Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.
Dari program Hyperlocal, mereka melakukan beberapa kampanye. Termasuk untuk industri fashion maupun kecantikan, seperti kampanye Cantik Fest, Women In Style, juga Tokopedia Beauty Awards.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya