Dark/Light Mode

Elanco Tawarkan Cara Percepat Pertumbuhan Udang Vaname Efektif

Rabu, 24 Agustus 2022 22:32 WIB
Produk-produk Elanco untuk mempercepat pertumbuhan udang vaname. (Foto: Dok. Elanco)
Produk-produk Elanco untuk mempercepat pertumbuhan udang vaname. (Foto: Dok. Elanco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dikenal sebagai salah satu komoditas perikanan Indonesia yang tahan terhadap penyakit, udang vaname memiliki potensi ekspor yang terus meningkat di Indonesia. Untuk mendorong pertumbuhannya, ada berbagai hal yang perlu dikelola dengan lebih baik. Salah satunya adalah cara mempercepat pertumbuhan udang vaname lewat pengelolaan pakan yang efektif.

Seperti keterangan dari Elanco, berbagai kendala yang cukup kompleks juga dihadapi para petambak maupun juragan udang vaname di berbagai belahan Indonesia. Sumber dan kualitas air, proses feeding, hingga risiko penyakit terus mengiringi perjalanan budidaya udang vaname.

Pengelolaan Air
Kondisi air yang baik akan membantu percepatan pertumbuhan udang vaname. Pertumbuhan udang vaname bisa terhambat jika udang mengalami stres di habitatnya. “Stres tersebut dapat terjadi karena salinitas dan kecerahan air yang keruh karena kotor,” tulis keterangan Elanco, seperti yang diterima redaksi, Rabu (24/8).

Tingkat pH yang tidak sesuai juga membuat udang rentan terluka. Belum lagi jika kandungan nitrat terlalu tinggi hingga menyebabkan keracunan. Jika kandungan nitrat terlalu tinggi, kadar oksigen terlarut dalam air akan berkurang. Hal ini membuat pasokan oksigen untuk udang bernapas juga berkurang.

Baca juga : HNW Ingatkan Pentingnya Siaran Pemberitaan Yang Sehat

Kandungan fosfor yang tidak optimal menghambat pertumbuhan tanaman di dalam air, sebagai bagian dari ekosistem di habitat tambak udang vaname, yang berdampak pada kualitas air.

“Untuk mengatasi hal ini, para pelaku bisnis udang dapat melakukan pengelolaan habitat air tambak dengan berkonsultasi budidaya di aplikasi eFarm dengan para ahli. Kemudian, mengaplikasikan sistem pengelolaan yang lebih baik untuk mempercepat pertumbuhan udang vaname,” lanjut keterangan Elanco.

Optimasi Pakan Dengan Elanco
Optimasi pakan mencakup kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan kepada udang. Dari sisi kualitas, aspek kimia dan fisik pakan perlu dipertimbangkan. Aspek fisik dari pakan di antaranya adalah ketahanan pakai dalam air, kepadatan, dan daya pikat. Sementara dari aspek kimianya, pakan harus memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, terutama protein dan lemaknya, selain karbohidrat, lemak dan mineral juga vitamin.

Memberi tambahan vitamin atau suplemen, seperti yang ditawarkan Elanco, adalah salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai cara mempercepat pertumbuhan udang vaname.

Baca juga : Pemerintah Percepat Redistribusi Tanah dan Pemberdayaan Penerima Manfaat

Salah satu produk Elanco, yaitu Conforta® A, yang dapat dibeli di eFishery membantu untuk menambah nafsu makan udang sehingga mempercepat pertambahan berat badan udang.

Conforta® A memiliki manfaat untuk menurunkan hormon stres pada udang, meningkatkan energi cadangan dan mendorong proses untuk pemulihan kesehatan cepat jika udang diserang penyakit.

Proses Feeding & Metode Budidaya
Persediaan pakan, baik pakan organik maupun fermentasi, dimaksimalkan dan disesuaikan dengan kondisi udang vaname di tambak udang. Tidak berarti para petambak harus sering memberi makan udang. Sebaliknya, memerhatikan porsi pakan yang diberikan agar tidak terjadi overfeeding (terbuangnya pakan).

Untuk membantu mendeteksi nafsu makan udang dan mengontrol jumlah kebutuhan pakan udang di tambak, akan lebih baik jika para petambak menggunakan pemberi pakan otomatis (automatic feeder, atau anco/feeder tray).

Baca juga : Lanal Maumere Ajak Masyarakat Flores Budidaya Udang Vaname

Selain tepat guna, pemberi pakan otomatis dapat membantu efisiensi waktu untuk sumber daya manusia atau petambak udang memberi makan. Interval waktu dan jumlah porsi pakan dapat diatur dengan lebih tertata.

“Pengelolaan habitat, optimasi pakan dan proses feeding otomatis, jika diintegrasikan dengan metode budidaya intensif berbasis teknologi modern dalam bentuk aplikasi petani tambak udang, menghasilkan cara mempercepat pertumbuhan udang vaname yang lebih efektif. Dengan demikian, besaran hasil produksi terdorong naik, sehingga keuntungan dapat meningkat lebih baik,” tutup keterangan Elanco.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.