Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkasa Pura II Jajaki Kerja Sama Dengan Bandara Los Angeles

Rabu, 31 Agustus 2022 12:05 WIB
President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin beserta jajaran melakukan pertemuan dengan CEO LAWA, Justin Erbacci dan Walikota Los Angeles Eric Garcetti di Kantor Pusat AP II pada Selasa (30/8).
President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin beserta jajaran melakukan pertemuan dengan CEO LAWA, Justin Erbacci dan Walikota Los Angeles Eric Garcetti di Kantor Pusat AP II pada Selasa (30/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin beserta jajaran melakukan pertemuan dengan CEO LAWA, Justin Erbacci dan Walikota Los Angeles Eric Garcetti di Kantor Pusat AP II pada Selasa (30/8).

Pertemuan tersebut, membahas kerja sama Bandara Soekarno-Hatta dan Los Angeles International Airport sebagai sister airport. 

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pengembangan bandara harus dilakukan secara menyeluruh termasuk memperhatikan jaringan yang dimiliki bandara, baik jaringan domestik maupun global. 

“AP II berupaya untuk melakukan pengembangan bandara secara menyeluruh. Selain melakukan pembangunan secara fisik seperti pengembangan terminal penumpang dan peningkatan kapasitas runway, kami juga ingin bandara memiliki jaringan yang luas baik di dalam negeri maupun jaringan global,” kata Awaluddin dalam keterangannya, Rabu (31/8).

Anak usaha Aviasi Pariwisata Indonesia ini telah memiliki rencana pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang komprehensif. Setelah Terminal 3 dibuka, dilakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2, lalu ke depannya pembangunan Terminal 4, pembangunan cargo village, pembangunan integrated building dan lain sebagainya. 

Baca juga : Bamsoet Puji Kerja Sama KPK-Penegak Hukum Negara Lain Tangani Korupsi

“Pembangunan fisik ini perlu diikuti dengan perluasan jaringan global untuk semakin memperkuat posisi Bandara Soekarno-Hatta di dunia, termasuk hari ini kami membahas kerja sama dengan Los Angeles World Airport selaku pengelola LAX,” ujar Awaluddin. 

Los Angeles International Airport merupakan salah satu bandara terbesar dan tersibuk di dunia. Pada 2021 di tengah pandemi Covid-19, Los Angeles International Airport masuk peringkat ke-5 bandara tersibuk dunia yang dirilis Airport Council International, dengan jumlah penumpang sebanyak 48 juta orang. Adapun saat ini operasional Los Angeles International Airport didukung 4 runway dan 9 terminal penumpang pesawat. 

Awaluddin mengatakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Los Angeles International Airport nantinya dapat menjalin kerja sama dalam bentuk sister airport untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan. 

Di dalam pertemuan dengan AP II, CEO LAWA, Justin Erbacci menjelaskan, bahwa saat ini Los Angeles International Airport adalah salah satu pintu utama menuju Amerika Utara. 

Justin Erbacci menuturkan, saat ini tengah dilakukan berbagai pengembangan di bandara tersebut, termasuk pembangunan Automated People Mover. Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri telah dioperasikan Automated People Mover atau dikenal juga dengan Skytrain/Kalayang sebagai moda transportasi untuk mendukung mobilitas penumpang pesawat dan pengunjung bandara dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara. 

Baca juga : Ketua BPK Komitmen Perkuat Kerja Sama Dengan SAI

“Terminal 2 dan Terminal 3 juga tengah dilakukan modernisasi yang akan segera dibuka, lalu juga modernisasi di Terminal 4 dan Terminal 5,” ujar Justin.

Lebih lanjut, Justin mengatakan, bahwa LAWA sangat menanti untuk dapat bekerja sama dengan AP II. 

“Kita dapat bekerja sama di berbagai bidang, teknologi, inovasi, serta berbagi best practice. Kami sangat menyambut kedatangan AP II untuk melihat apa yang telah kami lakukan [di Los Angeles International Airport],” ujar Justin. 

Sementara Walikota Los Angeles, Eric Garcetti berharap kerja sama ini dapat membawa lebih banyak penumpang.

“Dapat membawa penumpang lebih banyak, dan tentunya juga lebih banyak ke kami,” ujar Eric.

Baca juga : Dukung UMKM Alumni, ILUNI UI Teken Kerja Sama Dengan BKPM

Penjajakan kerja sama dengan LAWA ini merupakan bagian dari upaya AP II memperluas jaringan global guna meningkatkan standar pengelolaan bandara-bandara di Indonesia. 

Sebelumnya, Changi Airport Group selaku pengelola Bandara Changi di Singapura juga sudah melakukan diskusi dengan AP II. Pertemuan jajaran direksi AP II dan jajaran direksi Changi Airport Group dilakukan pada awal bulan ini di kantor pusat AP II, kawasan Bandara Soekarno-Hatta.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.