Dark/Light Mode

Bareng Erick Thohir

Jokowi, Presiden Pertama Yang Sukses Akuisisi Freeport, Injakkan Kaki Ke Grasberg

Kamis, 1 September 2022 10:55 WIB
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) mengunjungi tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia, Kamis (1/9). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) mengunjungi tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia, Kamis (1/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk pertama kalinya, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia, Kamis (1/9).

Ini merupakan kunjungan pertama Presiden ke tambang yang mayoritasnya telah menjadi milik Indonesia  dan tergabung dalam BUMN Mind Id.

"Kunjungan ini bersejarah. Karena Jokowi adalah Presiden pertama Indonesia, yang sukses mengakuisisi saham mayoritas di tambang Grasberg," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/9).

"Secara simbolis, ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri. Demi kepentingan seluruh masyarakat," imbuhnya.

Baca juga : Mega-SBY Dipastikan Tidak Akan Bersua

Di Grasberg, rombongan Presiden berkeliling dan masuk ke dalam pertambangan Freeport. Serta menyaksikan pemaparan sejarah PT Freeport Indonesia.

"Tentu, sejarah masa lalu telah dicatat. Kebetulan, kami menyaksikan pemaparannya. Dengan kerja keras, saya optimistis, sejarah baru Freeport Indonesia di bawah Mind Id akan semakin memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat Papua dan Indonesia," papar Erick.

Dalam kunjungan yang juga diikuti Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden disambut oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dan salah satu komisarisnya, Richard Adkerson.

Rombongan yang menempuh perjalanan darat ke lokasi tambang, juga sempat mengunjungi Museum Bunaken  untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Baca juga : Pengamat Apresiasi Jurus Jokowi Sukses Turunkan Harga Minyak Goreng

Dalam kunjungan ini, Presiden cukup antusias menanyakan status penambangan kepada manajemen Freeport.

Termasuk, soal kabar tidak ada lagi penambangan di Ertsberg dan Grasberg.

Terkait hal tersebut, Tony menjelaskan, Grasberg adalah tambang kedua. Sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg.

"Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Ertsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi. Kami me-maintain kestabilan lerengnya,” jawab Tony.

Baca juga : Presiden Jokowi Tamu Asing Pertama Yang Diterima Di Kediaman Kehormatan Kaisar Naruhito

Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Presiden juga berbincang dengan Richard Adkerson.

Setelah berada di Grasberg selama dua jam, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan, menuju pertambangan bawah tanah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.