Dark/Light Mode

Berdikari Serap Live Bird Dari Peternak Rakyat Melalui RPHU

Kamis, 1 September 2022 22:17 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, dalam pemotongan live bird di RPHU Berdikari di Cianjur, dari Berdikari dihadiri oleh Ude Ahdar Maruf Group Head Poultry Business.

Distribusi dan pemasaran dari live bird hasil penyerapan tersebut akan dilakukan Berdikari melalui pola bisnis ke bisnis, maupun bisnis ke ritel yang dijual melalui Gerai Daging Berdikari.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, saat ini Pemerintah terus membenahi sektor perunggasan nasional demi meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.

Baca juga : Sandi Nekat Melawan Prabowo

NFA bersama stakeholder perunggasan nasional telah merumuskan rancangan yang bersifat komprehensif dari hulu ke hilir untuk memperkuat ekosistem perunggasan di Indonesia, sehingga solusi permasalahan tidak bersifat parsial.

“Salah satu yang paling menentukan adalah memberikan kepastian penyerapan hasil peternakan dengan harga yang wajar melalui skema penyerapan dan penyaluran hasil peternakan dengan melibatkan Bulog dan PT Berdikari,” ujarnya.

Selain dukungan penyerapan, Arief menambahkan, dukungan regulasi juga sangat penting untuk mengamankan kepastian harga, diantaranya melalui penyusunan ulang regulasi harga acuan pembelian dan penjualan (HAP).

Baca juga : Gapasdap Harap Tarif Penyeberangan Segera Dievaluasi

Upaya bersama dalam penguatan sektor perunggasan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo sebagai bentuk antisipasi menghadapi krisis pangan yang melanda dunia internasional saat ini.

Penguatan penyerapan dan pendistribusian ini juga untuk mendukung arahan Presiden Jokowi guna menghubungkan daerah yang memiliki pasokan melimpah (surplus) dengan yang defisit. Berdikari mendukung penuh inisiatif Pemerintah tersebut.

Sejak tahun 2020, Berdikari telah membuka kerjasama dengan mitra peternak rakyat dimana Berdikari mensuplai DOC FS dan pakan kepada mitra peternak rakyat baik yang tergabung dalam koperasi atau lainnya peternak rakyat, baik yang tergabung dalam koperasi maupun berbadan hukum Perusahaan Terbatas (PT).

Baca juga : Airin Sebut Target Airlangga Presiden RI Ke-8 Sangat Realistis

Kini, peternak rakyat telah dapat bermitra dengan Berdikari terkait budidaya Parent Stock (PS). Selain menjalin kerjasama budidaya dalam penyediaan Day Old Chick (DOC), pakan, dan vitamin untuk peternak rakyat.

Berdikari juga melakukan penyerapan hasil produksi dari peternak berupa karkas ayam seperti yang tengah dilakukan saat ini. Untuk itu, sebagai langkah awal, peternak rakyat dapat mengajukan kerja sama kemitraan kepada Berdikari.

Info lebih lanjut mengenai kemitraan dengan Berdikari dapat diakses melalui instagram PT Berdikari @berdikari.persero. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.