Dark/Light Mode

Erick Dan Teten Gandeng Marketer Bantu UMKM

Sabtu, 3 September 2022 07:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki saat memberikan sambutan dalam Indonesia Digital Meetup (IDM) 2022 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (1/9). (Foto: KemenKopUKM).
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki saat memberikan sambutan dalam Indonesia Digital Meetup (IDM) 2022 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (1/9). (Foto: KemenKopUKM).

 Sebelumnya 
Senada, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki gencar menggaet berbagai pihak, untuk memperbanyak pelaku usaha masuk dalam ekosistem digital. Menurutnya, Kemenkop mengajak para jagoan internet marketer untuk membantu UMKM go digital. Sehingga diharapkan mereka bisa piawai memasarkan dan mempromosikan produk UMKM secara digital.

Mantan Kepala Staf Presiden (KSP) ini menilai, masih banyak UMKM di daerah-daerah yang belum terhubung ke ekosistem digital. Hal tersebut lantaran kurang familiarnya UMKM terhadap teknologi.

“Dengan dukungan dari para jagoan internet, kita bisa menggeser produk di online market, yang sekitar 50 persen masih dikuasai impor. Sekecil apapun produk UMKM di pelosok, pasti bisa dibantu pasarkan secara online,” tukasnya.

Ia mengatakan, Pemerintah mendukung penyerapan produk lokal. Belanja negara sekitar 40 persen kini diperuntukkan untuk dibelanjakan produk KUMKM. Hingga hari ini, nilainya mencapai Rp 400 triliun.

Baca juga : Berkas Dilimpahkan Ke Pengadilan, Apeng Segera Disidang

Bahkan, imbuh Teten, Presiden Jokowi mengamanatkan kepadanya, kalau perlu belanja Pemerintah Pusat dan Daerah hingga 100 persen untuk produk lokal.

“Ini adalah kebijakan afirmasi yang sangat fundamental bagi perkembangan industri lokal khususnya ekonomi UMKM,” kata Menkop.

Saat ini penjualan online berkembang semakin cepat. Bahkan bukan hanya e-commerce, ada juga game commerce, TV commerce, dan social commerce yang memerlukan strategi khusus di dalamnya. Dan biasanya, para pelaku UMKM tidak memiliki cukup SDM untuk menjangkau hal tersebut.

Jika para juara internet ini saling mendukung, Teten percaya ekonomi digital dalam negeri akan semakin terdongkrak lebih cepat.

Baca juga : Dorong UMKM Go Digital, Teten Gaet Jagoan Internet Marketer

“Kita juga butuh dibuatkan aplikasi untuk menangkap demand, bukan hanya jenis produk tapi juga harganya,” kata Menteri Teten.

Di samping itu, dia juga Melihat UMKM masih membutuhkan inovasi, seperti aplikasi yang menunjang dalam mempromosikan produknya.

Terpisah, Ketua Umum Asosiasi Industri UMKM Indonesia (Akumandiri) Hermawati Setyorini mengapresiasi upaya dilakukan Kemenkop dan Kementerian BUMN.

Karena, menurutnya, sudah selayaknya UMKM bisa menembus pasar global melalui digitalisasi. Ia berharap, target 30 juta UMKM go digital, tercapai. Di mana saat ini UMKM go digital telah menembus 19,5 juta UMKM.

Baca juga : Puncak Hapernas, PUPR Kenang Jasa Menteri Perumahan

Dia menyebut dukungan dari sejumlah perusahaan BUMN, Telkom, Mandiri, BRI, telah membuat UMKM binaan mereka naik kelas.

“Apalagi jika dibantu swasta dan startup teknologi yang bersatu, bukan tidak mungkin UMKM kita mampu menguasai ekonomi dunia,” ucap Hermawati kepada Rakyat Merdeka, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.