Dark/Light Mode

Traveler Doyan Keluar Negeri

Traveloka Curi Momentum Tren Terbang Jarak Jauh

Minggu, 21 Juli 2019 05:31 WIB
Logo Traveloka. (Istimewa)
Logo Traveloka. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan penyedia layanan jasa pemesanan tiket dan hotel via online, Traveloka, tengah menggenjot jumlah pertumbuhan traveler. Khususnya bagi mereka yang hobi keluar negeri.

Perusahaan optimistis tahun ini jumlah pemesanan tiket untuk rute penerbangan luar negeri makin bertambah. Pasalnya, terbang keluar negeri sedang menjadi tren terutama rute Korea Selatan. Traveloka pun memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan fitur anyar.

CEO Transport Traveloka, Caesar Indra mengungkapkan, berdasarkan data internal Traveloka menunjukkan, penerbangan jarak jauh dan menengah (medium & long haul flight) tumbuh 70 persen pada kuartal I-2019 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan tersebut tercatat dari Indonesia menuju Korea Selatan, Jepang, Netherlands, Prancis, United Kingdom dan lain-lain. “Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga sepanjang tahun,” terang Caesar di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Menpora Harap Haornas Jadi Momentum Bangkitnya Olahraga

Dia optimistis ada pertumbuhan bisnis namun belum dibeberkan target perusahaan untuk mencapai hasil tersebut. Dari data tersebut, dia menyimpulkan bahwa, tren perjalanan yang tengah digandrungi sekarang ini memang perjalanan ke luar negeri. Dari waktu ke waktu, perjalanan ke luar negeri mengalami kenaikan permintaan. "Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit di Asia,” jelasnya.

Ketika bepergian, para traveler seringkali berpindah dari satu kota ke kota lain. Ketika berkunjung ke Korea Selatan, mereka akan tiba di Seoul namun berpindah ke Busan atau Jeju dan menjadikan kota terakhir sebagai lokasi penerbangan kembali.

Upaya mendongkrak jumlah traveler antara lain dengan mendorong fitur penerbangan terbarunya yaitu multi-kota. Fitur ini memungkinkan pengguna memesan tiket penerbangan ke beberapa destinasi sekaligus dalam satu kali transaksi.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan dua destinasi tambahan dari dan ke beberapa pilihan destinasi internasional, seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, China, Eropa dan AS Fitur ini dianggap jadi jawaban dari kebutuhan para pengguna yang kerap berpindah dari satu kota ke kota lain ketika bepergian ke luar negeri.

Baca juga : Topan Yunani Telan Enam Korban Jiwa

Caesar menambahkan, dengan fitur multikota, pengguna Traveloka dapat menjelajahi lebih banyak destinasi wisata yang menarik dalam satu pemesanan dengan harga tiket yang lebih terjangkau. Fitur penerbangan multikota sudah tersedia di aplikasi Traveloka versi 3.9 ke atas pada perangkat Android & iOS, serta dapat diakses juga melalui desktop.

Fitur penerbangan multikota juga dilengkapi dengan layanan Smart Combo, di mana layanan ini akan menampilkan harga tiket pesawat yang terjangkau untuk perjalanan pergi dan pulang. Selain itu, fitur penerbangan ini membantu traveler membuat jadwal wisata lebih fleksibel tanpa harus kembali lagi ke kota kedatangan.

Director of Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Andrew Jonghoon Kim menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Korea telah melampaui Korea Wave dan semakin dikenal sebagai tujuan wisata favorit bagi orang Indonesia. “Menurut data kami, peningkatan rata-rata tahunan wisatawan Indonesia menunjukkan angka yang konsisten selama 5 tahun terakhir, yaitu lebih dari 10 persen,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai mitra utama, pihaknya sangat menyambut adanya fitur penerbangan multi kota. “Ini sebagai inovasi terbaru,” cetus Andrew.

Baca juga : Mendagri: Wajah Baru Jakarta Harus Jadi Momentum ke Arah Yang Lebih Baik

Pada peluncuran fitur penerbangan multikota ini, Traveloka juga didukung Bank Mandiri. Senior Vice President Credit Cards Bank Mandiri Vira Widiyasari mengungkapkan, kolaborasi dengan Traveloka ini terutama didorong oleh tujuan Bank Mandiri melayani berbagai kebutuhan nasabah, khususnya terkait gaya hidup traveling.

Gaya hidup keluar negeri mengalami peningkatan seiring naiknya pendapatan perkapita masyarakat. “Bank Mandiri dan Traveloka telah menjalin kerja sama promosi sejak 2014,” katanya.

 Bank Mandiri senantiasa memberikan dukungan penuh atas peluncuran fitur penerbangan Multi-kota dari Traveloka, dimana khusus pengguna Mandiri Kartu Kredit yang melakukan transaksi penerbangan multikota, bakal mendapatkan tambahan potongan harga hingga Rp 500.000 dan cicilan hingga 12 bulan, dapat digabungkan dengan potongan harga dari traveloka hingga Rp 1,5 juta. “Kami optimis kerja sama ini dapat meningkatkan transaksi Mandiri Kartu Kredit dan Traveloka,” kata Vira. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.