Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditemani Menperin Terima Mendag Jepang

Airlangga Lobi Relaksasi Bea Masuk Tuna Dan Buah

Senin, 5 September 2022 06:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Men­teri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi, di rumah dinasnya, Sabtu (3/9).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Men­teri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi, di rumah dinasnya, Sabtu (3/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melobi Jepang memberikan kelonggaran tarif bea masuk (BM) ekspor tuna kaleng dan buah tropis. Harapannya, daya saing komoditas itu meningkat di Negeri Sakura.

Upaya itu dilakukan Airlangga saat menerima kunjungan Men­teri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi, di rumah dinasnya, Sabtu (3/9).

Dalam pertemuan, kedua men­teri membahas sejumlah isu strategis, khususnya terkait penguatan kerja sama di bidang ekonomi.

Salah satunya, Airlangga me­minta Jepang melonggarkan tarif bea masuk untuk ekspor tuna kaleng serta produk buah tropis Indonesia ke Jepang.

Baca juga : Airlangga Bahas Kerja Sama Perdagangan, Investasi, IPEF Hingga KTT G20

Hal ini merupakan salah satu isu dalam pembahasan protokol perubahan General Review Indo­nesia-Japan Economic Partner­ship Agreement (IJ-EPA) antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Pembahasan tersebut ditarget­kan selesai dan diumumkan di sela-sela G20 Summit Novem­ber 2022 di Bali.

“Jepang diharapkan dapat mempertimbangkan tarif bea masuk untuk beberapa komodi­tas, seperti ikan tuna, buah pisang dan nanas,” tutur Airlangga.

Airlangga mengungkapkan, di bawah koordinasi Nishimura yang baru diangkat sebagai Menteri tanggal 10 Agustus lalu, IJ-EPA terdapat banyak capaian kerja sama dan beberapa pem­baruan perjanjian. Di antaranya, meningkatkan ekspor Ikan Tuna Kaleng Indonesia (ITKI) dengan tarif yang lebih bersaing dibandingkan negara ASEAN lain.

Baca juga : Cegah Terorisme, BNPT Gandeng MAKN Transformasi Nilai Adat Dan Budaya

Selain itu, kedua negara meningkatkan kuota bebas bea masuk menjadi 4.000 ton per tahun untuk ekspor pisang. Dan mengubah syarat pembebasan bea masuk dan menambah kuota untuk ekspor buah nanas.

Airlangga menjelaskan, kerja sama erat Indonesia dengan negara-negara lain di dunia, termasuk Jepang, turut mencip­takan tren positif pemulihan di berbagai sektor yang terdampak selama pandemi Covid-19.

“Total nilai perdagangan Indo­nesia dengan Jepang pada tahun 2021 tercatat sebesar 32,5 miliar dolar AS dan nilai investasi Jepang pada tahun 2021 men­capai 23 miliar dolar AS,” kata Airlangga.

Airlangga mengapresiasi komitmen investasi swasta Jepang sebesar 5,2 miliar dolar AS. Investasi ini untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), industri otomotif, industri baterai listrik, industri baja, pem­bangunan pembangkit listrik, dan infrastruktur transportasi.

Baca juga : Airlangga: Kita Jadi Pasar Besar Untuk Dunia Digital

Beberapa perusahaan otomotif Jepang juga telah meningkatkan investasinya seperti Mitsubishi Motors yang berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor kendaraan.

Terutama untuk memproduksi kendaraan yang berbasis Electric Vehicle (EV) dengan rencana tambahan investasi Rp 10 triliun di tahun 2022 hingga 2025.

Selain itu, Toyota Group me­rencanakan tambahan investasi Rp 27,1 triliun dalam rentang waktu 2022 sampai 2026.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.