Dark/Light Mode

Dorong Pengusaha Berinovasi Dan Manfaatkan Teknologi

Airlangga: Kita Jadi Pasar Besar Untuk Dunia Digital

Sabtu, 27 Agustus 2022 06:35 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official).
Menteri Koordinator Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mendukung pemulihan dunia usaha yang selama dua tahun terakhir dihantam badai pandemi Covid-19. Sebagai dukungan konkret, Pemerintah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditargetkan Rp 373 triliun tahun ini.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto dalam Musyawarah Nasional I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Tahun 2022, di Jakarta, Kamis (25/8).

“Potensi pengusaha mendapatkan KUR masih sangat be­sar,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Airlangga Capres, Zaki Cagub

Menurut Ketua Umum Par­tai Golkar ini, KUR juga bisa digunakan untuk sektor perta­nian yang diberikan pagu Rp 90 triliun. Bahkan, tahun depan anggaran KUR akan dinaikkan lagi menjadi Rp 460 triliun.

Dia mengatakan, dalam jang­ka panjang, Pemerintah akan terus memastikan berjalannya reformasi struktural untuk men­dorong daya saing dan iklim berusaha di Indonesia.

“Salah satunya melalui Un­dang-Undang Cipta Kerja, dan penerapan sistem layanan per­izinan berusaha elektronik yang terintegrasi (Online Single Sub­mission Risk Based Approach/ OSS RBA),” ujarnya.

Baca juga : Pelaku Usaha Jangan Cuma Fokus Cari Untung

Menurutnya, momentum Presidensi G20 Indonesia 2022 juga harus dimanfaatkan oleh pengusaha sebaik-baiknya.

Melalui Presidensi G20, In­donesia mendorong transparansi dan akuntabilitas, baik untuk sektor publik maupun swasta.

“Kami juga mendorong kegiatan ini dimanfaatkan pengusaha untuk pemulihan dan transformasi ekonomi,” ucap Airlangga.

Baca juga : Ratusan Advokat Muda Dukung Johannes L Tobing Jadi Ketua Peradi Jaktim

Karena itu, kolaborasi yang kuat antara Pemerintah dan pen­gusaha sangat diperlukan dalam menjawab berbagai tantangan ekonomi ke depan. Termasuk sinergi dengan Pemerintah Daerah yang akan mendorong pengembangan ekonomi region­al, khususnya mengakselerasi hilirisasi komoditas.

Selain itu, pengusaha juga harus terus menciptakan inovasi dalam bisnis dan memanfaatkan kemajuan teknologi digital serta big data. Agar mampu meningkatkan daya saing usaha dan tetap terdepan dalam dunia yang kompetitif ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.