Dark/Light Mode

Gigih Berdagang, Ibunda Farel Prayoga Tercatat Di PNM Mekaar

Kamis, 15 September 2022 15:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibunda Farel Prayoga, Siti Mujayana, tercatat sebagai salah satu nasabah PNM Mekaar. Saat ini, ibunda penyanyi cilik tersebut adalah pengusaha warung kelontong asal Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Sebelum bergelut di bisnis sembako, sehari-hari, Siti berjualan kinang. Ia gigih berdagang. Selain berjualan kinang, dia bersama sang anak dan suami mengamen dengan berkeliling, menyanyi, dan main musik di sekitar Banyuwangi sejak Farel duduk di bangku kelas 2 SD.

Siti diperkenalkan kepada PNM Mekaar oleh tetangganya dan memutuskan untuk bergabung. Bermodalkan uang Rp 2 juta, dia pun memulai berjualan kinang.

Baca juga : Pakai Energi Bersih, Istana Kepresidenan Kantongi Sertifikat REC Dari PLN

Kinang terdiri dari daun sirih, gambir, kapur dan tembakau, merupakan ramuan tradisional yang dikunyah di mulut, tidak ditelan.

Usai dikunyah, penikmat yang rata-rata ibu rumah tangga kemudian menggosokan tembakau dan kembang kanthil pada gigi.

Mengunyah kinang atau lebih akrab dikenal dengan sebutan menyirih merupakan salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Luis Milla Mulai Terapkan Taktik Di Persib

Sayangnya, masuknya era globalisasi dan perkembangan zaman yang lebih modern membuat tradisi menyirih mulai dilupakan.

Siti mengungkapkan, bertambahnya modal yang diberikan PNM Mekaar dan segala kemudahan yang disediakan, ia bisa mengembangkan usaha menjadi lebih baik dari sekedar berjualan kinang.

Kini usahanya berkembang menjadi warung kelontong yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Hidran Di Ibu Kota Terkendala Tekanan Air

“Membangun bisnis dari bawah memang tidaklah mudah. Tetapi dengan tekad dan usaha yang kuat, kita dapat meraih apa yang kita inginkan. Saya sekeluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PNM yang telah memberi bantuan kepada kami” ujar Siti, Kamis (15/9). 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.