Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Demi Pelayanan Yang Baik Dan Hapus Monopoli

Jokowi Minta Tanjung Priok Dan Patimban Berkompetisi

Rabu, 21 September 2022 06:20 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung–Cilincing, Selasa (20/09/2022) pagi, di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Jabar. (Foto: Humas Setkab/Teguh).
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung–Cilincing, Selasa (20/09/2022) pagi, di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Jabar. (Foto: Humas Setkab/Teguh).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta Pelabuhan Tanjung Priok dan Patimban berkompetisi memberikan pelayanan maksimal, khususnya di bidang logistik. Dengan begitu, pelayanan bakal semakin baik.

Jokowi menegaskan, kom­petisi yang sehat antardua pelabuhan tersebut untuk me­mastikan tidak ada monopoli. Sehingga, pelayanan pelabuhan tidak sewenang-wenang.

“Kalau tidak ada kompetisi dan dimonopoli, aduh, biasanya larinya ke pelayanan yang seenaknya,” kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cibitung- Cilincing dan Serpong-Balaraja di Gerbang Tol Gabus, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

Baca juga : Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Jokowi: Mobilitas Barang Jadi Sangat Cepat

Mantan Wali Kota Solo ini berharap, dengan pengembangan akses jalan tol menuju pelabuhan, terutama Pelabuhan Tanjung Priok melalui ruas tol Cibitung-Cilincing, dapat meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia.

“Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” tegasnya.

Eks Gubernur DKIJakarta ini juga memastikan, pengembangan akses ke Pelabuhan Tanjung Priok tidak membuat Pemerintah melupakan keberadaan Pelabuhan Patimban. Kedua pelabuhan itu dapat dimaksimal­kan bersamaan.

Baca juga : Polres Malang Distribusikan 2.000 Paket Sembako

“Saya kira Patimban, tolnya pada 2024 akan selesai. Nanti ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban, itu membuat layanan akan jauh lebih baik,” ujarnya.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi yang ikut mendampingi Presiden mengatakan, Pemerintah telah melakukan pembangunan in­frastruktur pelabuhan secara konsisten dan sistematis.

“Pembangunan dilakukan apik. Dari memulai, membangun, menyelesaikan, sampai menghubungkan antara fasilitas ke fasilitas lain. Dalam hal ini menghubungkan kawasan industri dengan pelabuhan,” ujarnya.

Baca juga : Didampingi Kapolri Dan Habib Luthfi, Jokowi Lepas Kirab Merah Putih Dari Istana Merdeka

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, mengungkap­kan, dengan hadirnya jalan tol Cibitung-Cilincing, akan meng­hilangkan kemacetan dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok yang selama ini kerap terjadi. Di­harapkan juga akan berdampak pada penurunan biaya logistik hingga 50 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.