Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kelar Misi Perdamaian Ke Ukraina Dan Rusia, Jokowi Garap Urusan Bisnis Ke UEA

Jumat, 1 Juli 2022 08:34 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, saat mendarat di Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/7) dini hari. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, saat mendarat di Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/7) dini hari. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelar menjalankan misi perdamaian dengan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung terbang ke Uni Emirat Arab (UEA). Kali ini, untuk urusan bisnis.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak ke Abu Dhabi dari Bandara Vnukovo II Moskow, Kamis (30/6) sekitar pukul 20.15 waktu setempat. Menaiki pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Jumat (1/7) dini hari, tepatnya pukul 02.15 waktu setempat, Jokowi dan rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Berita Terkait : Ketum GMKI: Jokowi Ingatkan Kita Pada Bung Karno

Kedatangannya, disambut langsung oleh Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Mohammed Al Mazroei, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis beserta istri, Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Aldhaheri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Atase Pertahanan di KBRI Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono Hadi beserta istri.

Pagi ini, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan pebisnis dan investor UEA.

Siang harinya, Jokowi akan melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, usai menggelar pertemuan bilateral.

Berita Terkait : Partai Garuda: Mereka Berpikiran Kerdil

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Jumat (1/7) sore waktu setempat. 

Misi Damai

Dalam pertemuannya dengan Zelensky di Istana Maryinsky  Kiev, Jokowi menegaskan, kunjungannya adalah bentuk manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi Ukraina.

Berita Terkait : Damaikan Rusia-Ukraina, Jokowi Harus Blak-blakan

"Saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, yang akan saya kunjungi segera,” ujar Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Ukraina yang menjadi sasaran invasi Rusia sejak 24 Februari, Jokowi dan Ibu Iriana juga memberikan kontribusi bantuan, termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan, agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.
 Selanjutnya