Dark/Light Mode

Dukung Pariwisata Sulut, B20 Indonesia Gandeng Universitas Sam Ratulangi

Rabu, 21 September 2022 11:34 WIB
B20 Indonesia Goes to Campus Ke Universitas Sam Ratulangi. (Foto: Ist)
B20 Indonesia Goes to Campus Ke Universitas Sam Ratulangi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“B20 Indonesia memiliki legacy yang merupakan upaya kolaboratif berkelanjutan negara-negara G20 guna memecahkan tantangan global dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan. Ada enam legacy yang disiapkan antara lain Carbon Center of Excellence, B20 Wiki, One Global Women Empowerment (OGWE) serta global One Shot campaign,” ujar Shinta.

Shinta menegaskan, B20 Indonesia terus mendukung UMKM, salah satunya melalui B20 Wiki untuk meningkatkan bisnis mereka sehingga bisnis yang mereka jalani dapat memasuki global supply chain. Platform B20 Wiki memiliki 3 fitur yakni; Wiki Learn, Wiki Do dan Wiki Scale.

Baca juga : Dukung Perkembangan Anak Indonesia, Tempo Scan Luncurkan Biostime

Selanjutnya, B20 Indonesia tentu ingin membangun pengetahuan, kapabilitas dan kepemimpinan untuk memberdayakan dan mempercepat inklusi perempuan dalam bisnis melalui platform OGWE. Bagi Shinta, Sulawesi Utara, khususnya Manado memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu mercusuar pertumbuhan ekonomi di masa depan, terutama di bidang pariwisata.

Pada tahun 2021 sektor pariwisata tumbuh sebesar 17 persen, Sulawesi Utara berpotensi meningkatkan energi terbarukannya lebih dari 195,06 MW dan sekitar 37,19 persen listrik Sulawesi Utara dihasilkan dari sektor energi baru dan terbarukan yang berpusat di Likupang, salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Baca juga : Bamsoet Dukung Festival Beta Pancasila Universitas Pattimura

“Mahasiswa/i Manado harus mengambil peran dengan memberikan saran, gagasan dan riset inovatif terkait teknologi terbarukan, eco tourism dan juga digitalisasi seperti melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Regional Manado. B20 Indonesia juga membuka peluang bagi mahasiswa/i Manado untuk menjadi volunteer dan sukarelawan yang ingin terlibat dalam pelaksanaan B20 Summit November mendatang,” jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.