Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Ke-77, KAI Gelar Open House Balai Yasa Di 3 Kota, Ini Link Registrasinya

Kamis, 22 September 2022 09:00 WIB
Balai Yasa Manggarai (Foto: Humas KAI)
Balai Yasa Manggarai (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan menggelar kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 KAI. Serta mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta dan lokomotif yang ada di berbagai Balai Yasa milik KAI.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses masyarakat umum.

Open House Balai Yasa bertujuan memberikan wadah, untuk berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.

 

 

"Ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September, dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Kali ini, KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Didiek.

KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun. Di luar itu, KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa.

Balai Yasa berperan dalam merawat sarana, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Baca juga : HUT Ke-52, TIKI Gelar Santunan-Gratis Ongkir

Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan, dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud meliputi lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya.

 

 

Perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

Open House akan dilaksanakan di tiga Balai Yasa, selama tiga hari sejak dibuka.

Pembukaan di masing-masing Balai Yasa dilakukan pada Jumat (23/9) untuk Balai Yasa Yogyakarta, Minggu (25/9) di Balai Yasa Surabaya Gubeng, dan Senin (26/9) di Balai Yasa Manggarai.

Open House Balai Yasa terbuka untuk umum, dan dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ingin melihat lebih dekat Balai Yasa Kereta Api.

Dalam kegiatan Open House Balai Yasa, pengunjung dapat melihat dan memahami proses perawatan sarana, melihat kereta, gerbong, dan lokomotif yang sudah diperbaiki.

Baca juga : HUT Ke-77 RI, Octa Investama Bawa Semangat Persatuan Dan Kegembiraan

Selain itu, juga bisa melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, produk-produk unggulan dan inovasi Balai Yasa, sejarah masing-masing Balai Yasa, melakukan mini tour di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM. Juga ada aneka games dan hiburan menarik.

Untuk menjaga ketertiban selama kegiatan Open House Balai Yasa berlangsung, masyarakat yang ingin hadir pada Open House Balai Yasa harus melakukan registrasi online terlebih dahulu.

Kapasitas pengunjung di Balai Yasa Yogyakarta adalah 1.000 orang per hari, Balai Yasa Surabaya Gubeng 200 orang per hari, dan Balai Yasa Manggarai 300 orang per hari.

"Kami berharap, masyarakat dapat memanfaatkan Open House Balai Yasa. Agar lebih mengenal dan memahami proses perawatan sarana kereta api. Dengan demikian, masyarakat akan semakin mencintai, dan terus menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan saat bepergian,” tutup Didiek.

Berikut detil info Open House Balai Yasa, yang dibagikan KAI melalui story akun Instagram @keretaapikita:

1. Balai Yasa Manggarai, Jakarta

Jl. Bukit Duri Utara RT 1/RW 11, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan

  • Tanggal: 26-28 September 2022
  • Waktu   : 08.30 - 15.00 WIB
  • Link Registrasi: tinyurl.com/ManggaraiOpenHouse

2. Balai Yasa Yogyakarta

Baca juga : HUT Ke-60, TVRI Gelar Pertunjukan Seni Budaya dan Pekan Olahraga

Jl. Kusbini No. 1, Demangan, Gondokusuman, Yogyakarta, DIY

  • Tanggal: 23-25 September 2022
  • Waktu: H1 (13.30 - 16.30 WIB), H2&3 (09.00 - 14.00 WIB)
  • Link Registrasi: bit.ly/openhousebyyk

3. Balai Yasa Surabaya Gubeng

Jl. Tapak Siring No. 5, Pacarkeling, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur

  • Tanggal: 25-27 September 2022
  • Waktu: 09.00 - 14.00 WIB
  • Link Registrasi: bit.ly/openhousebysgu ■

 

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.