Dark/Light Mode

Dorong Pelestarian Ekosistem Laut, Pertamina Dukung WASI Pecahkan Rekor Dunia Selam

Rabu, 24 Juli 2019 09:47 WIB
Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Tito Karnavian menerima bantuan Sertifikasi Master Selam untuk Pelatih Selam dari Pertamina. (Foto: Humas Pertamina)
Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Tito Karnavian menerima bantuan Sertifikasi Master Selam untuk Pelatih Selam dari Pertamina. (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejalan dengan komitmen untuk melestarikan lingkungan, Pertamina mendukung upaya WASI (Wanita Selam Indonesia) untuk mengampanyekan edukasi mengenai pentingnya biota bawah laut Indonesia.

WASI yang merupakan organisasi di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) memiliki agenda besar pada 3 Agustus mendatang, di Manado Sulawesi Utara.

Agenda tersebut adalah pemecahan tiga rekor dunia yaitu penyelaman massal dengan target 3.000 penyelam, rantai manusia terpanjang dalam air, dan pembentangan bendera terlebar di dunia. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam, dan olahraga selam.

Ketua Umum Wanita Selam Indonesia, Tri Tito Karnavian mengatakan, WASI berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan. Melalui kerja sama dengan berbagai, pihak salah satunya Pertamina, WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian sebagai penyelam.

Baca juga : Atasi Tumpahan Minyak, Pertamina Kerahkan Semua Kekuatan

Selain itu, WASI juga selalu berusaha melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang dilakukan. Sehingga, kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat.

"Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai, tetapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia,” kata Tri Tito. 

Sejalan dengan komitmen WASI tersebut, Pertamina turut mendukung kegiatan upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records, dengan harapan kegiatan ini akan memberikan manfaat luas kepada masyarakat sekitar.

Pertamina secara aktif telah melakukan berbagai kegiatan sosial dan merapat untuk kepentingan rakyat. Sebelumnya, Pertamina bersama WASI telah mengadakan pengobatan gratis, penanaman pohon mangrove, pembersihan pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, serta untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih hijau.

Baca juga : Agar Pembelajaran Maksimal, Pertamina Lengkapi Sekolah Mangrove dengan Alat Peraga 

Terkait hal ini, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, Pertamina sangat bangga kepada wanita Indonesia. Khususnya, mereka yang ikut berpartisipasi dalam upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records.

Kegiatan yang diinisiasi WASI ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia juga memiliki semangat dan kesempatan yang sama, untuk turut berkontribusi mengharumkan nama bangsa, serta menggaungkan kelestarian laut Indonesia.

Maka sejalan dengan itu, Pertamina dengan bangga mendukung kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud jiwa sosial korporasi terhadap upaya pengembangan dan kepedulian sumber daya Indonesia.

"Melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang secara berkelanjutan dilakukan, Pertamina berupaya untuk menjadi perusahaan BUMN yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan," tuturnya.

Baca juga : Nasib Gerindra Ditentukan Rakernas Bulan September

Beberapa program pelestarian laut lainnya yang diinisiasi Pertamina antara lain hutan mangrove di Balongan dan Cilacap, serta budidaya terumbu karang di Teluk Kabung dan Minangkabau.

Khusus di Balikpapan, Pertamina juga melaksanakan program CSR untuk edukasi pentingnya laut berupa edukasi Mangrove, di Kawasan Ekowisata Mangrove Margomulyo dan budidaya kepiting soka. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.