Dark/Light Mode

Jokowi Resmikan Terminal VVIP Bandara Halim

Ruang Tunggunya Cantik Dan Nyaman

Kamis, 6 Oktober 2022 06:20 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma yang telah selesai direvitalisasi, Rabu (5/10).(Foto: Dok. Kementerian Perhubungan).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma yang telah selesai direvitalisasi, Rabu (5/10).(Foto: Dok. Kementerian Perhubungan).

 Sebelumnya 
Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menjelaskan, Bandara Halim adalah objek vital yang sebelumnya kurang terawat dan perlu dilakukan revitalisasi.

Menurutnya, ada tiga pemetaan di Bandara Halim Perdanakusuma. Pertama, runway yang sudah terkelupas karena umur.

Kedua, tata air (drainase) yang kurang baik, dan kondisi gedung Terminal VVIP yang kurang rep­resentatif untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa besar.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Terminal Baru Bandara Halim Usung Kearifan Lokal

“Kami lihat saat itu tempat Presiden dan VVIP yang mesti­nya premium, kurang dapat bisa merepresentasikan bangsa Indo­nesia yang besar,” ungkapnya.

Karena itu, kata BKS, Presi­den Jokowi memerintahkan pihaknya merevitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

BKSjuga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan arahan dan seluruh pihak yang mendukung kelancaran revital­isasi bandara.

Baca juga : Diresmikan Presiden, Menhub Cek Wajah Baru Ruang VVIP Bandara Halim

“Meski waktu pengerjaannya pendek hanya kurang lebih 6 bulan, tetapi berkat kolaborasi semua pihak, revitalisasi ini bisa kita lak­sanakan dengan baik,” katanya.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, revitalisasi yang dilakukan Bandara Halim hanya pada sisi udara, yaitu pada landasan pacu, kemudian taxi­way, dan apron (tempat parkir pesawat).

Sedangkan, untuk fasilitas penumpang komersial seperti gedung terminal sama sekali belum ada perbaikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.