Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Dua Gereja Di Jakarta Utara, Anies Singgung Persatuan Dan Toleransi Beragama

Sabtu, 3 September 2022 21:27 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan dua gereja di Jakarta Utara melalui penandatanganan prasasti di masing-masing lokasi, Sabtu (3/9). (Tazkia Royyan/JawaPos.com)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan dua gereja di Jakarta Utara melalui penandatanganan prasasti di masing-masing lokasi, Sabtu (3/9). (Tazkia Royyan/JawaPos.com)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresminkan dua gereja di Jakarta Utara melalui penandatanganan prasasti di masing-masing lokasi, Sabtu (3/9). 

Kedua rumah ibadah tersebut adalah Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jelambar Timur di Penjaringan dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Yordan Gading Griya Lestari di Cilincing.

Dalam proses peresmian ini, Gubernur Anies mengatakan bahwa Jakarta adalah simpul dari  semua unsur yang ada di Indonesia, sehingga rasa persatuan harus diperkuat, khususnya dalam kolaborasi untuk membangun rumah ibadah. 

Gubernur Anies menekankan sebuah sikap toleransi timbal balik agar setiap kesetaraan antarumat beragama bisa diwujudkan dengan baik, tertata dan terkelola di Jakarta.

"Ini bisa menjadi satu contoh dan menjadi gambaran bagaimana kita bisa hidup bersama dan bersatu. Untuk menuju persatuan dan kesatuan Indonesia, setiap pribadi harus mengamalkan sikap toleransi dan sikap kesetaraan dalam semua aspek. Maka, selanjutnya akan muncul rasa keadilan, sehingga akan terbentuknya rasa persatuan. Pada akhirnya, kita juga ingin persatuan ini akan berkelanjutan," ujar Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian, Gubernur Anies mengharapkan para jemaat baik dari GBI Jelambar Timur maupun GPdI Jemaat Yordan Gading Griya Lestari mampu terlibat secara signifikan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. 

Ia pun menilai jika peresmian gedung ibadah di samping bertujuan untuk memberikan rasa kesetaraan dalam beribadah, juga diharapkan dapat membangun semangat para jemaat yang semakin tumbuh serta terpacu dalam berbuat kebajikan.

"Harapannya, gereja ini menjadi sebuah tempat yang dirasakan kebermanfaatannya bagi lingkungan sekitar. Kami pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Gubernur Anies.

"Hal ini penting untuk menjaga keselarasan dengan lingkungan sekitar dan tata ruang Jakarta. Sehingga, menjaga kerukunan antarumat beragama mampu semakin menambah kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta," pungkas Gubernur Anies.

Perlu diketahui, pembangunan GBI Jelambar Timur ini dilakukan secara swadaya oleh para jemaat. Sementara itu, untuk GPdI Jemaat Yordan Gading Griya Lestari selain didapatkan dari swadaya jemaat, juga mendapat dana Hibah dari Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 250.000.000.

Peresmian kedua rumah ibadah ini turut dihadiri oleh Asisten Kesejahteraam Rakyat Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta, Dede Rosyada, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarat di Jakarta Utara. ■

Baca juga : Program Penanggulangan Terorisme Jalan Terus

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.