Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertamina Siapkan Strategi Pencapaian Target Net Zero Emission

Minggu, 9 Oktober 2022 17:03 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Dok. RM)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Dok. RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) tengah mengembangkan dan menyusun peta jalan target nol emisi karbon atau Net Zero Emission (NZE) sesuai target pemerintah, yaitu pada 2060 atau lebih cepat.

Peta jalan NZE Pertamina ini mencakup strategi dekarbonisasi dan pengembangan bisnis baru berbasis energi bersih dan hijau.

"Kita menetapkan roadmap net zero emission sebagai dukungan kita kepada Nationally Determined Contribution Indonesia yang baru saja direvisi dan Pemerintah telah menetapkan target yang lebih ambisius jadi kita ikuti,” ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melalui keterangan tertulis, Sabtu, (8/10/2022).

Nicke menjamin, pelaksanaan Peta Jalan NZE Pertamina didukung oleh akuntansi karbon dan pelaporan yang akurat sesuai dengan standar global, implementasi internal harga karbon dan perdagangan karbon, pembentukan organisasi yang berdedikasi pada keberlanjutan, penguatan kapabilitas fundamental, serta penyelarasan dengan pemangku kepentingan terkait.

Baca juga : Gugatannya Ditolak MK, Pengacara PKS Tetap Bersyukur

Peta Jalan NZE Pertamina kata Nicke juga memuat rencana strategis jangka panjang perusahaan yang diselaraskan dengan aspirasi dekarbonisasi serta bisnis energi bersih dah hijau, begitu juga dengan target NZE dari Pemerintah, yaitu 2060 atau lebih cepat.

"Hal ini juga merupakan penegasan komitmen Pertamina guna mendukung komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dalam aksi mitigasi perubahan iklim," kata Nicke.

Dalam kerangka tersebut, Pertamina telah melakukan penandatanganan komitmen oleh Direktur Utama bersama jajaran Direktur Utama Sub Holding Pertamina.

Komitmen ini mencakup aspek strategi serta arah yang akan dijalankan, serta segala aspek yang mendukung untuk memperkuat pencapaian target NZE dan keberlangsungannya.

Baca juga : Perhatikan Strategi Ini Saat Mulai Bisnis Online

Pertamina telah menyiapkan perencanaan dan langkah-langkah yang selaras dengan semua aspek dan area bisnis perusahaan dari hulu ke hilir. Yang menjamin terpenuhinya misi perusahaan sebagai penyedia energi utama untuk melayani seluruh lapisan masyarakat Indonesia, baik umum, industri maupun pemerintah.

Nicke menambahkan, upaya dekarbonisasi dalam rangka implementasi roadmap NZE diwujudkan dalam beberapa inisiatif strategis berupa upaya efisiensi energi, loss reduction, elektrifikasi dan penggunaan low-carbon fuel maupun green-power generation serta optimalisasi carbon capture and storage di semua lini bisnis perusahaan.

"Indonesia punya potensi untuk carbon capture storage besar sekali. Di asia itu hanya di Indonesia dan Malaysia yang punya. Indonesia banyaknya onshore, Malaysia banyaknya di offshore. Jadi secara competitive advantage kita punya. Oleh karena itu, ini adalah our new oil and gas bussines carbon capture,” kata Nicke.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengakselerasi implementasi dalam rangka mendukung pemenuhan target penurunan emisi di internal Pertamina dan nasional.

Baca juga : Ketua MPR Harap Kejurnas Shokaido Jadi Sarana Penjaringan Atlet Berprestasi

Pertamina juga berperan aktif dalam mengembangkan carbon market ecosystem melalui pelaksanaan pilot carbon trading di internal Pertamina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.